Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tabungan: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Tabungan adalah suatu kegiatan kamu menyisihkan sebagian pendapatan kamu dan digunakan untuk kepentingan lainnya. Simak penjelasannya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 27 Oktober 2022  |  17:00 WIB
Tabungan: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya
Jenis tabungan dan manfaat menabung. - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tabungan adalah suatu simpanan yang berasal dari pendapatan yang tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari maupun kepentingan lainnya. Simpanan uang dapat digunakan dan diambil kapan saja tanpa terikat dengan perjanjian dan waktu. 

Salah satu tabungan yang paling sering digunakan oleh banyak orang zaman sekarang adalah di Bank. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Bank-Bank untuk mereka para calon nasabah yang ingin menabung. Salah satu kemudahannya adalah bisa menarik tunai dengan cara mandiri melalui ATM yang disebar oleh Bank tersebut. 

Ketika menabung di bank, umumnya nasabah akan mendapatkan fasilitas seperti kartu ATM, buku tabungan, mobile banking dan beberapa layanan lain sesuai dengan kebijakan masing-masing bank. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang tabungan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Jenis tabungan

  1. Tabungan anak 
    Tabungan ini digunakan untuk anak-anak. Tujuan adanya tabungan anak adalah untuk melatih agar anak kamu terbiasa menabung sejak dini. Perbedaan mendasar dari tabungan ini adalah jumlah setoran yang kecil, karena memang anak-anak biasanya tidak diberikan uang dalam jumlah yang besar. 
  2. Tabungan konvensional 
    Tabungan jenis ini adalah tabungan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Nasabah dari tabungan yang satu ini biasanya diberikan fasilitas buku tabungan, kartu debit dan layanan banking baik itu sms banking, mobile banking atau internet banking. Untuk tabungan konvensional ini keuntungan atau bunga yang diterima terbilang cukup rendah, karena tujuannya memang hanya untuk menyimpan uang bukan untuk pengembangan dana. 
  3. Tabungan haji 
    Tabungan haji sering digunakan untuk kamu yang memiliki rencana berhaji dalam beberapa tahun kedepan. Jika nominal yang dibutuhkan sudah tercapai, maka dana dapat dicairkan dan digunakan untuk biaya keberangkatan haji. Syarat dan dokumen yang disiapkan biasanya lebih banyak dibandingkan dengan tabungan biasa. Karena untuk tabungan yang satu ini tidak hanya soal nominal dan identitas diri saja yang diperlukan, tetapi Riwayat Kesehatan juga harus dipersiapkan. Untuk setoran awalnya biasanya berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Namun semakin besar dana yang disetorkan maka akan semakin cepat juga tujuan kamu tercapai. 
  4. Tabungan giro 
    Tabungan ini sering disebut juga dengan tabungan bisnis, karena memang fasilitas dari tabungan ini ditujukan untuk kebutuhan bisnis seperti transfer ke beberapa rekening dan transaksinya dapat menggunakan cek dan bilyet. Untuk pembukaan rekening giro ini dapat dilakukan untuk perorangan atau badan usaha dan minimum awalan setorannya mulai dari 2 juta hingga 3 juta. 
  5. Tabungan berjangka 
    Tabungan yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki tujuan untuk menyimpan uang dan beberapa tujuan lainnya, seperti pergi liburan. Bunga dari tabungan berjangka ini relative lebih baik dibandingkan tabungan konvensional dengan bunga tabungan 3 persen hingga 7 persen per tahun. Tetapi tabungan berjangka hanya bisa diambil sesuai dengan yang telah disepakati. 
  6. Tabungan mata uang asing
    Tabungan ini disebut juga dengan valas atau valuta asing. Tabungan ini biasanya ditemui di perbankan mata uang yang sering digunakan dalam tabungan ini seperti dollar, euro, poundsterling dan beberapa mata uang asing lainnya. 

      Namun, untuk kamu yang hanya memiliki rupiah tetap dapat melakukan investasi dengan menukarkan rupiah kamu dan dikonversikan ke dalam mata uang asing. Untuk setoran awal dari tabungan ini cukup beragam, hanya saja tabungan ini dapat memberikan keuntungan yang lebih besar karena nilai konversi mata uang asing lebih tinggi dibandingkan rupiah. 

      2. Manfaat tabungan

      1. Menabung jadi lebih aman dibandingkan investasi
        Menabung memang lebih aman dibandingkan investasi. Dalam investasi kamu pasti menghadapi risiko yang besar dari tabungan. Namun, jika kamu bisa berinvestasi secara tepat, maka hasil yang didapat akan lebih besar daripada tabungan. 
      2. Mendapatkan bunga setiap bulannya 
        Dengan rekening tabungan, kamu bisa memperoleh keuntungan lebih. Biasanya bank akan memberikan bunga dan beberapa keuntungan lain dalam beberapa waktu tertentu. Namun, bunga yang diberikan oleh bank jumlahnya terbilang rendah dibandingkan tabungan kamu sendiri. Meski begitu, tetap saja bunga yang diberikan oleh bank dapat kita jadikan sebagai pendapatan yang lebih menguntungkan. 
      3. Siap dalam kondisi darurat 
        Kejadian-kejadian yang tidak kita perkirakan akan sangat mendesak. Jangan sampai kita tidak memiliki dana darurat karena hal tersebut akan membuat kita menunggak hutang. 
      4. Memiliki kondisi keuangan yang lebih sehat 
        Manfaat yang satu ini sudah pasti dirasakan karena setiap kamu melakukan pengeluaran dana yang pasti pertama kali terpikirkan adalah prioritasnya. Dengan pemikiran tersebut tentunya kamu sangat bisa untuk menghemat dan mengurangi pengeluaran tiap bulannya. 


      Itulah beberapa hal tentang tabungan yang penting untuk kamu ketahui

      Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

      Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

      Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

      tabungan tabungan haji tabungan anak menabung bank tips keuangan
      Editor : Novita Sari Simamora
      Bagikan

      Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

      Artikel Terkait



      Berita Lainnya

      Berita Terkini

      back to top To top