Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa Itu QRIS? Ini Manfaat, Cara Daftar dan Menggunakannya

QRIS adalah sebuah kode QR nasional sebagai fasilitas pembayaran QR di Indonesia yang dikeluarkan oleh BI dan ASPI. 
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 26 November 2022  |  10:02 WIB
Apa Itu QRIS? Ini Manfaat, Cara Daftar dan Menggunakannya
Qris menjadi metode pembayaran dengan scan QR Code di masyarakat - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Saat ini penggunaan QRIS sering kali digunakan sebagai sistem pembayaran berupa kode QR yang biasanya tertera di berbagai tempat ketika kamu ingin melakukan pembayaran. 

Sesuai dengan namanya, QRIS merupakan penyatuan berbagai macam QR dari penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan menggunakan Qr Code. Tujuan QRIS sendiri dibuat untuk memudahkan transaksi. Jadi, apapun alat pembayarannya yang kamu miliki, setiap transaksi nantinya hanya memerlukan satu kode QR yaitu QRIS setiap merchant yang sudah bekerja sama dengan program tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang QRIS yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Manfaat QRIS

  • Mempermudah transaksi 
    Bagi merchant dengan pengguna QRIS mereka hanya perlu satu QR Code saja yang nantinya akan terintegrasi dengan berbagai jenis alat pembayaran. Karena sebelumnya QR Code yang dimiliki merchant lebih dari satu dan dinilai tidak efektif, dengan hadirnya QRIS pembayaran non tunai jauh lebih efisien dan cepat. Hingga saat ini, sudah lebih dari 38 layanan dompet digital sudah didukung oleh pembayaran melalui QRIS. 
  • Mencegah penipuan 
    Dengan menggunakan QRIS juga bisa mencegah penipuan yang bisa dialami oleh semua merchant. di mana dengan menggunakan QRIS berarti tidak memerlukan lagi uang tunai, sehingga mencegah terjadinya persebaran uang palsu yang bisa dilakukan oleh pembeli. 
  • Terjaminnya keamanan transaksi
    Karena transaksi menggunakan QRIS itu kamu hanya perlu memerlukan scan QR Code seperti transfer saldo antar rekening dan semuanya akan tercatat dalam sistem. Jika ditemukan transaksi yang tidak wajar merchant, kamu bisa melaporkannya ke penyedia layanan karena semua Riwayat transaksi sudah tercatat dalam sistem. 
  • Tersedia berbagai alternatif pembayaran 
    Kamu tidak perlu merasa khawatir bagi para pecinta merchant untuk menyediakan berbagai QR Code dalam melakukan pembayaran. Hal ini karena banyaknya alternatif pembayaran yang sudah terhubung dengan QR Code dalam QRIS. 

2. Cara daftar QRIS

  • Isi semua data, lakukan pembayaran varian dan upload semua dokumen secara lengkap. Kamu bisa mengisi data tersebut di link https://m.qris.id/register/now.php?idir=pages/registration.php 
  • Merchant harus menandatangani formulir syarat dan ketentuan QRIS yang berlaku. Kemudian sistem akan melakukan validasi data dan dokumen.
  • Apabila data yang diunggah benar, maka data tersebut akan didaftarkan secara manual ke PT. Penyelesaiian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN).
  • Kemudian kamu harus menunggu National Merchant ID (NMID) dari PTEN.
  • Setelah NMID keluar, sistem  akan mengeluarkan username dan password ke email yang kamu daftarkan.
  • Kemudian QRIS yang sudah keluar di cek oleh tim InterActive. Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan kode QR sudah berfungsi.
  • Jika NIMS dan QRIS sudah lulus control, tahap berikutnya adalah proses design. Tahapan ini bertujuan agar tampilan InterActive sesuai dengan tampilan standar QRIS yang diatur oleh ASPI.
  • Setelah proses design selesai, QRIS tersebut akan muncul di dashboard. Kamu juga bisa mengunduh file tersebut.

3. Cara menggunakan QRIS

  • Konsumen bisa memilih dan mengunduh aplikasi pembayaran yang terpasang pada ponsel kamu.
  • Konsumen bisa melakukan registrasi ke salah satu penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) dan memastikan terjadinya saldo untuk melakukan transaksi.
  • Melalui aplikasi, selanjutnya konsumen bisa melakukan scan QRIS pada merchant, memasukkan nominal transaksi dan melakukan otorisasi transaksi.
  • Lakukan konfirmasi pembayaran kepada penyedia barang atau jasa.

Itulah beberapa penjelasan tentang QRIS yang mungkin baru kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

QRIS tips bisnis bisnis transaksi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top