Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Deposit on Call Melesat, Masyarakat Mulai Cari Cuan?

LPS mencatat pertumbuhan simpanan di bank umum pada Oktober 2022 ditopang oleh giro dan deposit on call.
Ilustrasi simpanan di bank. /Freepik
Ilustrasi simpanan di bank. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat total simpanan pada bank umum periode Oktober 2022 mengalami peningkatan. Jenis simpanan giro dan deposit on call menjadi penopang pertumbuhan tersebut.

Deposit on call adalah simpanan di bank yang dapat ditarik setiap saat dengan pemberitahuan terlebih dahulu sebelum jatuh tempo. Jangka waktu simpanan deposit on call biasanya lebih pendek dibandingkan dengan deposito. 

Merujuk Laporan Distribusi Simpanan Bank Umum yang dirilis LPS, nominal simpanan pada Oktober 2022 mencapai Rp7.669 triliun, naik 3,7 persen secara bulanan. Deposito menjadi simpanan dengan nominal terbesar yakni Rp2.883 triliun atau 36,1 persen dari total simpanan.

Meski demikian, pertumbuhan deposito cenderung berjalan moderat dengan kenaikan sebesar 1,6 persen secara month-to-month (MtM).

Di sisi lain, jenis simpanan giro dan deposit on call mencatatkan pertumbuhan yang signifikan. Giro tercatat naik 10,6 persen secara bulanan menjadi Rp2.536 triliun. Adapun deposit on call tumbuh 19,4 persen MoM menuju angka Rp55 triliun.

Deposit on call merupakan simpanan kepada bank yang dapat ditarik setiap saat dengan pemberitahuan terlebih dahulu satu hari sebelum jatuh tempo. Umumnya, nasabah harus menjadi nasabah prioritas dulu sebelum mendapat fasilitas deposito skema on call.

Sementara itu, berdasarkan tiering simpanan, LPS mencatat nominal simpanan terbesar pada tiering simpanan di atas Rp5 miliar yang mencakup 53,7 persen dari total simpanan.

“Kenaikan nominal simpanan terbesar terdapat pada tiering simpanan di atas Rp5 miliar sebesar 6,9 persen MoM, sedangkan penurunan pertumbuhan nominal terdalam terdapat pada tiering lebih kurang Rp100 juta sebesar -0,3 persen MoM,” tulis LPS dikutip Minggu (4/12/2022).

Adapun total rekening simpanan di bank umum pada Oktober 2022 tercatat sebanyak 505,1 juta rekening, naik 2,1 persen secara bulanan. Berdasarkan jenis simpanan, jumlah rekening simpanan terbanyak ada pada tabungan yang mencakup 98,0 persen total rekening simpanan.

Pada saat bersamaan, kenaikan jumlah rekening terbesar dimiliki oleh rekening deposit on call yang tumbuh 21,1 persen MoM, sementara penurunan jumlah rekening terdalam dialami oleh sertifikat deposito yang turun 0,64 persen secara bulanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper