Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Tips Sukses Menabung Jelang Resesi 2023

Menjelang tahun 2023, Anda sebaiknya mengurangi berbelanja perabotan rumah atau pakaian yang tidak dibutuhkan. Simak tips menabung menjelang resesi.
Tips menabung menjelang resesi 2023
Tips menabung menjelang resesi 2023

Bisnis.com, JAKARTA – Ancaman resesi 2023 semakin dekat. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mempersiapkan diri jelang resesi adalah menabung. Bagaimana cara menghemat uang yang direkomendasikan?

Resesi merupakan kontraksi siklus bisnis yang terjadi ketika ada penurunan umum dalam kegiatan ekonomi. Resesi umumnya terjadi ketika terdapat penurunan pengeluaran yang meluas. Hal ini dapat disebabkan oleh krisis keuangan, guncangan perdagangan eksternal, guncangan pasokan yang merugikan, atau pecahnya gelembung ekonomi.

Dilansir dari 21kschool, simak 10 tips menabung menjelang resesi 2023.

1. Mencatat pengeluaran 

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencatat setiap pengeluaran. Sangat penting untuk mencermati keuangan dan melakukan penyesuaian untuk memastikan bahwa Anda hidup sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Dengan mengetahui pengeluaran keseharian, maka Anda dapat mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Kemudian Anda juga dapat mencari cara untuk menghemat uang.

2. Otomatiskan keuangan

Otomatiskan keuangan Anda, buatlah jadwal tanggal untuk setiap pembayaran yang harus Anda keluarkan. Ini dapat membantu untuk menghindari adanya keterlambatan dan risiko pembayaran penalti atau denda tambahan.

Ada banyak cara untuk mengotomatiskan keuangan,  diantaranya adalah menyiapkan pembayaran otomatis untuk tagihan, berinvestasi dalam aplikasi penganggaran, atau menggunakan alat pelacak keuangan seperti Mint atau Personal Capital.

3. Meningkatkan keterampilan diri

Berinvestasi pada diri sendiri menjadi hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengontrol finansial. Tingkatkan keterampilan diri Anda dengan mengambil beberapa kursus yang nantinya akan menghantarkan Anda untuk dapat menghasilkan pendapatan tambahan, atau bahkan hanya sekadar mencari kesenangan demi mengurangi stres dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

4. Hidup sederhana

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan hidup sederhana. Dengan menerapkan gaya hidup sederhana, Anda dapat menggunakan uang Anda lebih sedikit dari biasanya. Selain itu, Anda juga dapat menabungkan sisa pengeluaran lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya.

Mulailah dengan mengurangi berbelanja perabotan rumah atau pakaian yang tidak dibutuhkan, membeli kendaraan dengan harga yang lebih murah, dan hindari makan di luar rumah.

5. Lunasi dan hindari utang

Cara lain untuk menghemat uang adalah dengan menyingkirkan hutang. Oleh karena itu, lunasi semua hutang yang Anda miliki.  Dengan terbebas dari hutang, maka Anda dapat menggunakan sisa uang pengeluaran untuk ditabung atau diinvestasikan.

Menabung dan berinvestasi dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan dengan lebih cepat dan lebih mudah.

tips menabung menjelang resesi 2023
tips menabung menjelang resesi 2023

6. Menerapkan aturan anggaran

Menyusun dan membuat aturan anggaran dapat menjadi alat yang berguna untuk menghemat uang. Anggaran dapat membantu Anda melacak pengeluaran, menetapkan tujuan keuangan, dan melakukan penyesuaian untuk memastikan Anda hidup sesuai dengan kemampuan. 

Perlu diingat, anggaran ini dapat dijadikan sebagai pedoman, bukan aturan ketat, jadi penting untuk Anda dapat lebih bersikap fleksibel.

7. Berinvestasi dalam kualitas

Berinvestasilah dalam kualitas, bukan kuantitas.

Ketika berbelanja, Anda perlu fokus pada kualitas daripada kuantitas. Artinya, Anda dapat membeli sesuatu, namun dengan catatan pastikan sesuatu yang akan Anda beli itu memiliki kualitas yang baik, sehingga akan bertahan lebih lama.

8. Gunakan promo ketika berbelanja

Ketika Anda berbelanja, perhatikan setiap promo yang ditawarkan di tempat belanja. Baik dengan menggunakan kupon atau diskon, inilah yang akan membantu Anda untuk lebih menghemat pengeluaran dan dapat memaksimalkan uang tabungan. 

9. Memiliki dana darurat

Dana darurat dapat membantu menghindari hutang dan menjauhi Anda dari penggunaan kartu kredit untuk membayar biaya yang tak terduga. 

Saat membangun dana darurat, penting untuk mulai menabung dari jumlah uang yang kecil. Kemudian tingkatkan jumlah dana secara bertahap.  Anda juga dapat membuka rekening tabungan terpisah yang tidak mudah diakses. Hal Ini akan membantu menghindari penggunaan uang untuk pengeluaran non-darurat. 

10. Hindari aktivitas  yang tidak penting

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk menghemat uang adalah dengan menghindari aktivitas tidak penting.  Misalnya Anda suka menyalakan TV, menggunakan pendingin ruangan berlebihan, suka makan di luar, dan lainnya. Meskipun menikmati hidup itu penting, namun menghindari aktivitas yang tidak penting dapat mengurangi pengeluaran dan sangat membantu untuk menghemat uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper