Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Nataru, Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp117,7 Triliun

Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai sebanyak Rp117,7 triliun jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Ilustrasi petugas menyiapkan uang tunai/Bisnis
Ilustrasi petugas menyiapkan uang tunai/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp117,7 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru

Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman menyampaikan kebutuhan uang kartal yang terdiri dari uang kertas dan logam pada periode Nataru kali ini tumbuh 5,8 persen dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya.

“Berapa uang yang disiapkan BI, jumlahnya adalah Rp117,7 triliun dan ini tumbuh 5,8 persen dibandingkan dengan realisasi tahun lalu,” ujar Aida pada sesi tanya jawab Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan Desember 2022, Kamis (22/12/2022).

Aida menuturkan, jumlah tersebut mempertimbangkan tiga hal yakni perkiraan mobilitas masyarakat yang saat ini semakin meningkat, perkiraan belanja pemerintah dan bansos tunai, dan rata-rata kenaikan outflow dalam beberapa tahun terakhir yang mencapai sekitar 4,8 persen.

Adapun, BI mencatat hingga minggu kedua Desember 2022, telah terjadi penarikan uang oleh perbankan sebesar Rp54,77 triliun atau sekitar 47 persen dari yang yang disediakan. 

Terkait kesiapan akses bagi masyarakat, Aida menyebut telah melakukan tiga hal. Pertama, layanan kas kepada perbankan di seluruh kantor perwakilan BI.

Kedua, layanan kas kepada masyarakat di seluruh kantor perwakilan BI termasuk mengadakan kas keliling retail 55 kali sebanyak 47 titik layanan. Ketiga, melakukan monitoring secara khusus pelaksanaannya di daerah yang melakukan perayaan Nataru dan destinasi wisata.

Kemudian, terkait kesiapan dari perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR), Aida menyebut BI telah memastikan koordinasi dan kerja sama, termasuk memastikan ketersediaan uang di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan mesin setor tarik atau cash recycling machine (CRM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper