Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Investasi Saham Bagi Pemula yang Wajib Diketahui

Investasi saham berpotensi memberikan keuntungan yang tinggi bagi para investor yang memahami cara kerjanya.
Tips investasi/Freepik
Tips investasi/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Saham menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk berinvestasi menghasilkan keuntungan yang besar. Saham adalah instrumen investasi yang menjadi bukti kepemilikan sebuah perusahaan atau bukti dari penyedia modal. 

Investasi saham berpotensi memberikan keuntungan yang tinggi bagi para investor yang memahami cara kerjanya. Namun, bagi pemula, memulai investasi saham menjadi salah satu yang menakutkan dan membingungkan. Untuk itu, para investor harus membekali diri dengan pengetahuan dasar mengenai berinvestasi saham agar tidak merugikan. 

Jika berniat untuk berinvestasi saham, Anda perlu untuk mengetahui bagaimana cara memulai investasi saham agar menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu pemula dalam mempelajari berinvestasi saham:

1. Pelajari dasar investasi saham 

Dalam bermain saham, perlu untuk mempelajari ilmu dasar saham. Pemahaman dasar tentang bagaimana pasar saham bekerja, bagaimana perusahaan memperoleh laba dan bagaimana saham dipengaruhi merupakan hal yang penting untuk pemula. Hal tersebut agar dapat lebih mudah dalam menentukan cara bermain saham yang baik. 

2. Tentukan tujuan investasi

Berinvestasi saham tidak hanya sekedar bermain saham saja, namun perlu memiliki tujuan dalam berinvestasi. Memahami tujuan investasi yang akan dilakukan seperti mencari pendapatan pasif, membangun kekayaan jangka panjang, atau membeli saham dalam perusahaan tertentu. Hal tersebut dapat membantu menentukan strategi yang tepat sehingga menghasilkan keuntungan yang maksimal.

3. Analisis fundamental 

Analisis fundamental ini dilakukan untuk meninjau laporan keuangan perusahaan, seperti laporan tahunan dan kuartal untuk menilai kinerja prospek perusahaan. 

4. Analisis teknikal 

Analisis teknikal ini dilakukan dalam investasi saham melalui pendekatan pergerakan saham itu sendiri. Pada analisis ini melibatkan grafik dan indikator teknis untuk memprediksikan arah harga saham di masa mendatang. 

5. Pemantauan pasar

Pemantauan pasar ini dilakukan untuk membantu dalam mengetahui dan memahami tren pasar sehingga dapat membuat keputusan mengenai penjualan saham. 

6. Memastikan legalitas dan kualitas 

Untuk memilih sekuritas, pastikan perusahan tersebut sudah terdaftar pada OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia. Selanjutnya Anda dapat mencari tahu mengenai latar belakang perusahaan, pemegang saham dan manajemen perusahaan dari kedua otoritas tersebut.

7. Periksa kondisi keuangan 

Investasi saham tentu membutuhkan modal atau dana yang cukup besar serta komitmen dalam menabung uang yang akan di investasi. Untuk melakukan investasi saham, Anda perlu untuk mengetahui kondisi keuangan yang dimiliki. Sebab, berinvestasi saham merupakan investasi yang berisiko tinggi. 

8. Membeli saham saat nilai turun 

Sebagai pemula, Anda dapat membeli saham saat nilai turun. Salah satu cara main saham pemula yang baik dan benar ini berperan dalam menjaga kondisi finansial keuangan agar tetap stabil. Selain itu, saham yang turun memiliki potensi peningkatan nilai diwaktu yang akan mendatang. Hal tersebut dapat Anda kembangkan dengan menentukan peluang nilai saham yang akan naik di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper