Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Operasional Kantor Cabang BCA (BBCA) Selama Cuti Bersama dan Libur Lebaran

BCA menyesuaikan jadwal operasional kantor cabang terhadap jadwal cuti bersama dan libur Idulfitri.
Nasabah melakukan transaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) di Jakarta, Kamis (5/1/2023). /Bisnis-Fanny Kusumawardhani
Nasabah melakukan transaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) di Jakarta, Kamis (5/1/2023). /Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah telah resmi menetapkan jadwal libur dan cuti bersama Idulfitri 2023 seperti tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yakni dari Rabu, 19 Maret 2023 hingga Selasa, 25 April 2023.

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menyesuaikan jadwal operasional kantor cabang terhadap jadwal cuti bersama dan libur lebaran yang sudah ditetapkan itu.

Pada 19 April 2023 atau awal cuti bersama, BCA beroperasi di cabang-cabang tertentu. Kantor cabang melayani semua transaksi kecuali valuta asing, sistem kliring nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan real time gross statement (RTGS).

Kemudian, pada 20 April 2023 dan 21 April 2023 bertepatan dengan cuti bersama serta libur lebaran, kantor cabang BCA tidak beroperasi. Pada 22 April 2023 dan 23 April 2023 layanan bank tidak beroperasi karena akhir pekan atau weekend.

Pada 24 April 2023 atau pada saat cuti bersama, kantor cabang BCA tidak beroperasi.

Kemudian, pada 25 April 2023 kantor cabang BCA beroperasi di cabang-cabang tertentu dan tidak melayani transaksi valuta asing, SKNBI, serta RTGS.

Adapun, seluruh kantor cabang BCA akan kembali beroperasi normal pada 26 April 2023.

Khusus bagi Pertamina, layanan penerimaan dan pembayaran atas penjualan produk Pertamina bagi para pelanggan Pertamina dilakukan secara host to host melalui KlikBCA Bisnis.

Layanan tersebut akan beroperasi pada 21 April 2023 selama masa libur lebaran. Kantor cabang BCA yang melayani B2B Pertamina selama libur lebaran 2023 yakni, KCU Bandung, KCU Blitar, KCU Galaxy, KCU Medan, KCU Madiun, KCU Matraman, KCU Palembang, dan KCU Semarang. 

Sementara itu, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan untuk menghindari terjadinya gagal debet pembayaran fasilitas kredit selama libur lebaran, nasabah diharapkan untuk mempersiapkan dana di rekening autodebet sebelum 19 April 2023. 

“Kami memahami, banking from anywhere saat ini telah menjadi standar baru bagi operasional dan kegiatan perbankan," kata Jahja dalam keterangan tertulis pada Senin (17/4/2023).

Oleh karena itu, perseroan menurutnya siap melayani kebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam saat periode libur lebaran, melalui layanan myBCA, BCA mobile, KlikBCA, hingga jaringan ATM BCA. Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan fitur cardless di BCA mobile dan myBCA sehingga nasabah dapat melakukan setor dan tarik tunai di ATM tanpa kartu.

Ia memproyeksikan peningkatan jumlah transaksi jelang lebaran akan terjadi di kanal digital BCA. Sebagai informasi, volume transaksi mobile banking BCA mencapai lebih dari 3 miliar transaksi pada dua bulan pertama 2023, tumbuh 54,4 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Adapun volume transaksi internet banking mencapai hampir 800 juta transaksi pada periode yang sama. 

Sementara itu, nilai transaksi internet banking BCA mencapai Rp2.797 triliun, tumbuh 13,4 persen yoy dan mobile banking BCA mencapai Rp1.016 triliun, tumbuh 36 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper