Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jenis Asuransi yang Perlu Dimiliki Selama Mudik Lebaran 2023

Ada empat jenis asuransi yang harus dimiliki masyarakat sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023.
Ilustrasi kondisi jalan tol saat mudik Lebaran 2023. Simak cara pantau CCTV online untuk cek arus mudik. JIBI/Arief Hermawan P.
Ilustrasi kondisi jalan tol saat mudik Lebaran 2023. Simak cara pantau CCTV online untuk cek arus mudik. JIBI/Arief Hermawan P.

Bisnis.com, JAKARTA — Pengamat mengimbau masyarakat untuk memiliki perlindungan tambahan berupa asuransi sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023. 

Pengamat Asuransi & Dosen Program MM-FEB UGM Kapler Marpaung mengatakan setidaknya ada empat jenis asuransi yang harus dimiliki masyarakat sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023.

“Mudik lebaran ke kampung halaman atau yang liburan ke luar kota atau luar negeri tentu memiliki potensi kerugian, karena terjadinya risiko yang tidak kita harapkan yang dapat menimbulkan kerugian keuangan,” kata Kapler kepada Bisnis, Selasa (18/4/2023).

Kapler menuturkan asuransi pertama yang perlu dimiliki pemudik adalah Asuransi Kebakaran atas rumah tinggal maupun tempat usaha. Asuransi ini penting supaya masyarakat memiliki rasa aman ketika meninggalkan rumah atau tempat usaha.

Kedua, Asuransi Kendaraan. Menurut Kapler, mobil atau sepeda motor sebaiknya diasuransikan, sebab dalam sejarah arus mudik lebaran dan arus balik tingkat kecelakaan tetap masih tinggi di Indonesia.

Selanjutnya, jenis asuransi ketiga adalah Asuransi Kecelakaan Diri. Kapler menilai bahwa asuransi kecelakaan diri juga sangat penting mengingat tingkat kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi di Indonesia.

“Jenis asuransi kecelakaan diri juga memberikan perlindungan kalau kita mendapat kecelakaan selama mengunjungi tempat-tempat hiburan dan wisata,” lanjutnya.

Asuransi keempat, yaitu Asuransi Jiwa. Jenis asuransi ini, kata Kapler, memberikan perlindungan apabila pemudik meninggal dunia.

Namun demikian, Kapler menyampaikan bahwa jenis asuransi yang lain boleh juga dipertimbangakan, yaitu Asuransi Kesehatan sebagai tambahan dari BPJS Kesehatan.

“Jenis asuransi lainnya bisa juga, yaitu Asuransi Kehilangan Harta Benda misalnya untuk perhiasan dan jewelries lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Praktisi asuransi dan Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Risiko dan Asuransi (STIMRA) Abitani Barkah Taim menilai bahwa Asuransi Kecelakaan Diri diproyeksi menjadi jenis asuransi yang paling diminati pemudik selama masa mudik Lebaran.

“Asuransi yang paling diminati Asuransi Kecelakaan Diri dengan segala variasinya. Ini menjadi penting karena pada umumnya masyarakat kita melakukan perjalanan mudik,” ujar Abitani.

Ada pula Asuransi Rumah dan Kendaraan. Menurut Abitani, jenis asuransi ini dapat melindungi rumah dan isinya selama ditinggal bepergian mudik. “Dan kendaraan yang akan dipergunakan untuk mudik.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper