Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Hidup Sejahtera di Masa Tua? Ini Pentingnya Mengelola Keuangan

Simak pentingnya mengelola keuangan di masa muda, agar masa tua hidup lebih sejahtera
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tak semua profesi memiliki penghasilan tetap, misalnya seperti artis yang perlu memiliki proyek atau aktivitas di layar kaca untuk mendapatkan penghasilan.

Adapun para atlet atau olahragawan yang rata-rata usia pensiunnya di bawah 40 tahun.

Profesi baik artis maupun olahragawan memiliki masa kejayaan yang tidak terjadi sepanjang masa.

Oleh karena itu, orang yang memiliki penghasilan tidak tetap seperti artis, olahragawan, atau lainnya perlu untuk mengelola keuangan dan berinvestasi.

Adapun hal ini berkaca dari artis dan atlet yang sempat memiliki masa kejayaan. Namun, mengalami kesulitan finansial karena faktor tertentu.

Untuk itu, bagi Anda yang tidak memiliki penghasilan tetap, Anda perlu mengelola keuangan dengan baik dan mencoba berinvestasi untuk kehidupan jangka panjang.

Melansir First State Community Bank dan Letting Agent Today, berikut adalah manfaat dari mengelola keuangan:

1. Dapat merencanakan masa depan

Dengan mengambil langkah-langkah pengelolaan keuangan yang tepat, menetapkan anggaran, dan membuat rencana tabungan, Anda dapat memperkirakan pendapatan dan kemampuan menabung dari waktu ke waktu.

Dengan menetapkan tujuan dan merencanakan masa depan, Anda mengurangi risiko tekanan dari situasi tak terduga dan akan membuat Anda lebih menikmati kehidupan sehari-hari.

2. Dapat mengurangi stres Anda secara keseluruhan

Jika Anda tidak mengelola keuangan dengan baik dari segi pemasukan dan pengeluaran, hal ini akan menjadi sumber stres. Sebaliknya, jika Anda mengetahui rencana Anda dan memiliki finansial yang kuat, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir akan diri Anda di masa mendatang.

3. Bisa terbuka terhadap peluang baru atau menciptakan mesin uang

Ketika keuangan Anda dalam kondisi yang baik, hal ini akan membuka pintu-pintu baru yang mungkin tidak tersedia atau tidak tercapai di masa lalu. Tak hanya itu, Anda juga dapat membangkitkan keinginan Anda untuk menghasilkan lebih banyak.

Anda mungkin saja dapat memanfaatkan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan baru misalnya seperti menjalankan bisnis, mengambil pekerjaan baru, atau mengubah karier yang Anda inginkan, tetapi belum sempat tercapai.

4. Dapat mengatur pengeluaran dan tabungan dengan benar

Manajemen keuangan pribadi yang baik akan memprioritaskan tabungan daripada pengeluaran. Bagi Anda yang tidak memiliki penghasilan tetap, ada baiknya menyisihkan uang tersebut untuk ditabung sebelum Anda membelanjakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper