Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Hidup Sejahtera di Masa Tua? Ini Pentingnya Mengelola Keuangan

Simak pentingnya mengelola keuangan di masa muda, agar masa tua hidup lebih sejahtera
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Tak hanya mengelola keuangan saja, Anda juga dapat berinvestasi yang manfaatnya, sebagai berikut dikutip The College Investor dan BT Financial:

1. Mencegah inflasi

Jika Anda tidak berinvestasi dan mengembangkan uang Anda, Anda justru akan kehilangan uang seiring berjalannya waktu karena adanya inflasi. Namun, jika Anda menginvestasikan uang Anda dan mendapatkan tingkat pengembalian rata-rata 7%, maka Anda akan berada jauh di depan inflasi dan akan meningkatkan nilai uang Anda.

2. Bermanfaat untuk masa pensiun

Jika ingin memiliki uang yang cukup di masa pensiun, mulai dari sekarang, cobalah untuk membuat uang Anda bekerja untuk Anda. Semakin banyak Anda berinvestasi, semakin banyak Anda dapat memanfaatkan kekuatan bunga majemuk atau hal yang terjadi ketika bunga Anda mulai menghasilkan bunga.

3. Berguna untuk memenuhi tujuan keuangan lainnya

Berinvestasi memiliki banyak manfaat yang dapat Anda rasakan di masa mendatang. Jika Anda ingin menciptakan stabilitas keuangan, mengembangkan kekayaan, atau lainnya, mulailah dengan membuat rencana investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Potensi imbal hasil jangka panjang yang sehat

Berinvestasi akan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Adapun kelas aset investasi yang berbeda seperti aset pertumbuhan yang meliputi saham dan properti dengan imbal hasil terbaik dari semua kelas aset.

Selain itu, adapun aset defensif seperti pendapatan tetap dan uang tunai yang mungkin tidak menghasilkan tingkat pengembalian yang sama dari waktu ke waktu seperti aset-aset yang bertumbuh. Namun, memiliki puncak dan penurunan yang lebih kecil.

5. Mendapatkan penghasilan tambahan

Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan berinvestasi pada investasi berkualitas. Nantinya, hasil investasi tersebut dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari atau diinvestasikan kembali untuk mengembangkan aset Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper