Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Bunga Murah, 568.574 Debitur Terima Penyaluran Pembiayaan dari PIP

Pusat Investasi Pemerintah menyebutkan kredit dengan bunga murah melalui lembaga linkage telah tersalurkan untuk 568.574 debitur per 14 Juni 2023.
Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah Ismed Saputra./Bisnis - Pernita Hestin Untari.
Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah Ismed Saputra./Bisnis - Pernita Hestin Untari.

Bisnis.com, JAKARTA — Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menargetkan 2,2 juta debitur untuk pembiayaan ultra mikro (UMi) tahun ini. Per 14 Juni 2023, pembiayaan telah terealisasikan kepada 568.574 debitur. Adapun jumlah dana yang telah tersalurkan yakni sebanyak Rp2,33 triliun. 

“Hingga 14 Juni 2023, sudah terealisasi 568.574 debitur atau mencapai 26 persen,” kata Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah Ismed Saputra dalam Media Meet Up UMi PIP Kemenkeu, Jumat (16/6/2023).

Ismed melanjutkan dengan capaian ini PIP telah menyalurkan kredit kepada 2,01 juta debitur dengan Rp8,1 triliun. Angka tersebut lebih banyak dibandingkan target pada tahun sebelumnya yakni 2 juta debitur. 

Sementara itu secara kumulatif, sejak 2017-2022 telah disalurkan kepada 7,4 juta debitur dengan nilai yang digulirkan sekitar Rp26,2 triliun. 

Dia memastikan bahwa kualitas pembiayaan atau Net Performing Loan (NPL) masih terjaga pada tingkat rendah atau 0 persen pada 2022. Menurutnya hal tersebut telah diturunkan melalui upaya restrukturisasi. Termasuk pendampingan pelaku usaha untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas program pendampingan oleh penyalur. Upaya tersebut dilakukan dalam bentuk penyempurnaan regulasi untuk meningkatkan kualitas pendampingan, dan penyelenggaraan Training of Trainers (ToT) bagi para pendamping, yang dilengkapi pola project based learning, sehingga materi pendampingan langsung dipraktekkan kepada debitur.

“Bentuk kegiatan dukungan itu berupa pemberian motivasi usaha, konsultasi terkait usaha, peningkatan kapasitas SDM, pengawasan terhadap debitur dan sebagainya. Pada 2022, kegiatan dukungan itu terbagi menjadi empat yakni pelatihan, promosi, pemberdayaan dan inkubasi usaha,” papar Ismed.

Tidak berhenti di situ, PIP Kemenkeu juga menyiapkan sejumlah kegiatan dalam rangka mendukung UMKM pada 2023 misalkan UMi Youthpreneur 2023 untuk memacu anak muda agar dapat berfikir kreatif dan inovatif, menggali potensi dan menumbuhkan motivasi anak muda dalam berwirausaha, mendorong pertumbuhan calon wirausahawan muda, serta sosialisasi dan promosi pembiayaan ultra mikro kepada calon wirausahawan muda.

Selain itu, ada juga kegiatan Goes to Campus dengan peserta 1.500 mahasiswa peserta kuliah kerja nyata, Universitas Gajah Mada (UGM) dengan materi sosialisasi program pemerintah dalam mendukung pelaku usaha kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper