7 Strategi Pemasaran Online Pasti Untung

Perkembangan teknologi telah merubah strategi pemasaran dalam suatu bisnis. Hal ini dapat terjadi akibat dari perubahan perilaku belanja masyarakat Indonesia.
Foto: 7 Strategi Pemasaran Online Pasti Untung
Foto: 7 Strategi Pemasaran Online Pasti Untung

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi telah merubah strategi pemasaran dalam suatu bisnis. Hal ini dapat terjadi akibat dari perubahan perilaku belanja masyarakat Indonesia, sehingga para pelaku usaha harus turut merubah strategi yang ada dan beralih ke pemasaran produk secara online.

Sementara itu, adanya perubahan yang signifikan ini menjadikan kehadiran digital commerce semakin berkembang. Masyarakat juga ikut diuntungkan dengan kemudahan dalam berbelanja tanpa harus pergi keluar rumah atau bersusah payah untuk membandingkan harga yang ada dari satu toko ke toko lainnya.

Dari seluruh strategi pemasaran online yang ada, tentunya biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Besaran biaya yang ada nantinya akan digunakan untuk mempromosikan produk yang kamu miliki serta meningkatkan penjualan bisnis kamu. Jika kamu terkendala modal dalam mempromosikan bisnis, maka kamu bisa mengajukan pinjaman ke BFI Finance.

BFI Finance merupakan lembaga keuangan non bank yang mampu memberikan pembiayaan tanpa jaminan sebagai solusi untuk menambah modal sehingga bisnis yang kamu bangun dapat berkembang.

Tak hanya itu, BFI Finance juga memberikan suku bunga yang bersaing dengan lembaga pembiayaan lainnya, sehingga nilai angsuran tidak akan mengganggu keuangan bisnis kamu, ditambah dengan waktu tenor yang panjang dapat memudahkan kamu dalam mencicil pinjaman yang ada. Prosesnya cepat dan mudah, kamu bisa ajukan pinjaman kapanpun kamu butuh.

Adanya perubahan mendasar dari perilaku masyarakat dalam berbelanja, tentunya memaksa pengusaha untuk menemukan cara yang tepat mempromosikan produknya. Apalagi jika sebelumnya dijual secara offline, tentu mereka harus merubah cara konvensional ke cara yang baru dalam berjualan secara online. Nah, kira-kira apa saja strategi pemasaran online yang bisa kita terapkan? Mari kita bahas selengkapnya di bawah ini.

Strategi Pemasaran Online 

1. Personal Branding

Mungkin sebagian orang menganggap personal branding tidak perlu karena dianggap memakan waktu. Tapi, jika ingin sukses dalam berbisnis, kekuatan brand atau logo sangatlah penting. Misalnya, jika kamu diminta untuk memilih antara mie Indomie atau merek yang tidak kamu ketahui, tentu kamu akan memilih mie Indomie bukan?

Nah, itulah kekuatan merek. Merek Indomie memiliki reputasi yang baik dan dicintai banyak orang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika orang lebih memilih merek atau merek lain yang tidak mereka kenal. 

Memiliki citra pribadi yang baik akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pelanggan, karena mereka sudah mengenal merek tersebut.

Personal branding dalam membangun bisnis juga dapat memberikan keuntungan finansial bagi para pengusaha. Semakin banyak pelanggan yang dapat menjangkau dan puas dengan produk bisnis kamu, maka semakin baik pula bisnis tersebut.

Selain itu, personal branding juga dapat mendukung jaringan. Semakin luas jaringan bisnis yang dibangun, maka pelanggan akan semakin mudah mengenal produk kamu di berbagai wilayah bahkan dunia.

Jadi, pastikan produk atau jasa yang akan kamu jual memiliki brand atau logo, sehingga masyarakat akan mudah mengingat brand bisnis kamu.

2. Content Marketing

Secara umum, pemasaran konten adalah metode penting untuk pemasaran. Fokusnya adalah membuat atau membagikan konten yang relevan, bermanfaat, dan konsisten. Layanan content marketing memungkinkan merek membuat konten unik untuk menjangkau pasar sasaran yang berbeda.

Selain itu, pemasaran konten juga dapat membantu merek meningkatkan kredibilitasnya di mata konsumen. Tujuan dari pemasaran konten ini adalah agar konsumen mendapatkan manfaat dari program konten yang disertakan. 

Strategi pemasaran online ini biasanya dilakukan dalam bentuk review produk atau testimoni pelanggan. Cara ini dinilai efektif untuk menarik pelanggan. Jadi, pastikan kamu menyediakan konten untuk dijual yang dapat dipercaya pelanggan saat mereka memutuskan untuk menggunakan produk atau layanan kamu.

Perhatikan juga teknik copywriting yang baik agar kamu bisa mengonversi pelanggan yang berminat menjadi pelanggan yang berminat. 

3. SEO (Optimasi Mesin Pencari) 

Saat ini pengguna internet semakin banyak, sehingga semakin banyak orang yang menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari produk atau jasa yang kamu tawarkan di website kamu.

Oleh karena itu, menggunakan SEO untuk situs web kamu akan mengurangi hilangnya pelanggan potensial di Internet. Singkatnya, tugas SEO adalah menaikkan peringkat website kamu di mesin pencari.

 Bahkan startup bisnis kecil seperti UKM, toko online, dan sejenisnya dipersilakan sehingga kamu dapat melakukan SEO sendiri.

Dengan menggunakan SEO memang terhitung murah namun efektif dan menghemat waktu. Karena trafik website kamu otomatis akan bertambah jumlah pencarian artikel atau informasi yang dilakukan dan muncul di halaman pertama pencarian. 

Faktanya, kamu harus menghabiskan banyak waktu untuk meningkatkan situs web kamu. Untuk itu kamu perlu tenaga khusus untuk mengerjakan SEO di website kamu, atau kamu bisa menggunakan jasa SEO lepas agar website kamu mudah ditemukan dalam mesin pencarian. 

4. Optimasi Konversi

Metode pemasaran online ini adalah metode dimana pengunjung situs kamu dapat menjadi sumber penghasilan.

 Misalnya dengan menggunakan Google Ads. Nah, ketika orang ingin masuk ke situs kamu, rata-rata mereka akan membeli produk yang kamu jual. Ini adalah cara untuk meningkatkan konversi. Karena tentunya tujuan utama dari sebuah marketing plan adalah untuk dapat mengonversi pelanggan.

Meski demikian, untuk menggunakan Google Ads tentu memerlukan biaya promosi dari produk kamu di mesin pencarian Google.

5. Pemasaran Media Sosial 

Pemasaran online selanjutnya adalah dengan menggunakan media sosial harus dilakukan. Karena saat ini masyarakat Indonesia menjadi pengguna aktif berbagai platform media sosial yang ada.  Nah sarana itulah yang dijadikan tempat untuk mempromosikan produk kamu.

Kamu dapat memasarkan produk/jasa kamu melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll. Dengan begitu, brand atau produk kamu akan dikenal banyak orang. Peluang menarik pelanggan akan lebih besar.

6. Pemasaran Email 

Strategi marketing online yang bisa kamu lakukan adalah dengan email marketing. Meski cara ini telah banyak dilakukan, tetapi kamu juga bisa mencoba cara ini untuk mengenalkan produk kamu atau menjual produk kamu.

Ada banyak keuntungan menggunakan email marketing, termasuk pendekatan pribadi kepada pelanggan. Mengirim email ke pelanggan dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui topik email seperti promosi produk terbaru atau informasi hot sale.

Selain itu, dengan metode pemasaran ini, maka kamu tidak perlu membayar untuk mengirim email. Namun ketika kamu memiliki data yang sangat banyak tentu kamu memerlukan biaya untuk menyebarkan informasi produk kamu ke seluruh data email pelanggan kamu.

7. WhatsApp Marketing

Langkah selanjutnya yang dapat kamu ambil adalah dengan menggunakan whatsapp marketing. WhatsApp adalah platform obrolan paling populer karena fiturnya yang sederhana, cepat, dan mudah digunakan. 

Sekarang WhatsApp bukan aplikasi obrolan tetapi banyak pebisnis menggunakannya untuk berjualan karena banyak orang menggunakan WhatsApp. Ada cara untuk mengirim banyak pesan sekaligus, yaitu dengan WhatsApp Blast.

Namun perlu diingat bahwa pesan yang kamu kirimkan harus ditujukan agar pelanggan dapat menghubungi kamu dan pelanggan tidak terganggu dengan pesan whatsapp yang kamu kirim.

Itulah beberapa pembahasan terkait dengan strategi pemasaran online dan bagaimana cara melakukannya agar bisnis kamu bisa meningkatkan keuntungan, dan tentunya bisnis yang kamu jalani semakin berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper