Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Leasing Mayapada Group, Topas Multi Finance, Sebut Telah Penuhi Ekuitas Minimal

Topas Multi Finance menyatakan telah memenuhi ketentuan ekuitas minimum Rp100 miliar yang dipersyaratkan regulator dan terbebas dari sanksi.
Multifinance/Istimewa
Multifinance/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Leasing milik Mayapada Group, PT Topas Multi Finance menyatakan telah memenuhi ketentuan ekuitas minimum Rp100 miliar yang dipersyaratkan regulator bagi setiap perusahaan pembiayaan.

Direktur Topas Multi Finance Hengky Susanto menuturkan bahwa perusahaan yang berlokasi di Mayapada Tower 2 itu telah melakukan penambahan modal senilai Rp10 miliar untuk memenuhi ketentuan ekuitas paling sedikit Rp100 miliar.

“Topas sudah melakukan penambahan modal di bulan April 2023 dan telah dilakukan pencabutan sanksi peringatan ekuitas minimum Rp100 miliar di tanggal 8 Mei 2023,” kata Hengky kepada Bisnis, Senin (17/7/2023).

Terkait pencabutan sanksi peringatan, Hengky menyampaikan bahwa laporan penambahan modal disetor perusahaan telah disetujui dan dicatat di dalam Sistem Informasi Perizinan Lembaga Jasa Keuangan.

“Sehingga PT Topas Multi Finance telah memenuhi ketentuan Pasal 87 ayat (2) huruf b Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan,” demikian bunyi surat pencabutan sanksi peringatan ketiga Topas Multi Finance yang diterima Bisnis.

Adapun berdasarkan Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Topas Multi Finance, modal ditempatkan dan disetor perusahaan saat ini mencapai Rp110,5 miliar dari semula bernilai Rp100,5 miliar.

Dari sana, pemegang saham Topas Multi Finance, yakni Jonathan Tahir terpantau melakukan penambahan saham dari Rp35,17 miliar dengan porsi 35 persen saham menjadi Rp45,17 miliar atau merengkuh porsi 40,88 persen saham.

Dengan demikian, saat ini total ekuitas yang dimiliki Topas Multi Finance memenuhi ketentuan ekuitas minimum Rp100 miliar. “Per 31 Mei 2023 saldonya Rp101,3 miliar,” jelas Hengky.

Di samping itu, perusahaan pembiayaan milik konglomerat Dato Sri Tahir itu juga telah menambah 8 kantor selain kantor cabang (KSKC) mulai Maret 2023 di wilayah Jabocitabek. Penambahan KSKC tersebut dilakukan untuk meningkatkan pembiayaan multiguna kendaraan roda dua.

Sebelumnya, merujuk pada laporan keuangan 2022 perusahaan yang tersaji di laman resmi Topas Multi Finance, perusahaan memiliki ekuitas senilai Rp92,47 miliar pada 31 Desember 2022. Posisi ekuitas Topas Multi Finance tergerus 6,15 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp98,53 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper