Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 7 E-Wallet Terpopuler di Indonesia: GoPay, DANA, Shopee Pay, Dll

Berikut daftar 7 e-wallet atau dompet digital terpopuler di Indonesia. Mulai dari Gopay, DANA, hingga Shopee Pay.
Ilustrasi dompet digital atau e-wallet terpopuler di Indonesia./ Dok Freepik
Ilustrasi dompet digital atau e-wallet terpopuler di Indonesia./ Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) resmi meluncurkan aplikasi dompet digital atau e-wallet GoPay yang terpisah dengan aplikasi Gojek dan Tokopedia pada Rabu (26/7/2023). 

Dompet Digital atau e-wallet menjadi pilihan masyarakat  lantaran fiturnya yang membuat transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. 

Pasalnya dengan hadirnya berbagai jenis e-wallet atau dompet digital saat ini, masyarakat tidak harus melakukan transaksi pada bank atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM) secara langsung untuk mengambil uang tunai, tetapi dapat menggunakan aplikasi e-wallet yang aman dan mudah digunakan secara fleksibel.

Definisi Dompet Digital 

Melansir dari situs resmi Bank Indonesia (BI), dompet digital atau dompet elektronik merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data-data instrumen pembayaran, antara lain pembayaran dengan menggunakan kartu maupun uang elektronik, yang bisa menampung dana untuk melakukan berbagai jenis pembayaran.

Secara singkat, dompet digital memberikan fasilitas pembayaran berbasis on-line berbentuk aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi non-tunai yang cepat dan praktis.

Menurut Peraturan Bank Indonesia No.18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran, e-Wallet atau dompet digital adalah layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana, serta untuk melakukan pembayaran.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), sejak Januari 2020 total uang elektronik yang beredar di Tanah Air mencapai 313,78 juta kartu. Tercatat, tak kurang dari 38 aplikasi e-wallet telah mendapatkan lisensi resmi.

Lantas, apa saja dompet digital atau e-wallet yang paling populer di Indonesia saat ini? Simak penjelasan Bisnis selengkapnya!

7 E-wallet Terpopuler di Indonesia 

1. GoPay

GoPay adalah salah satu e-wallet terpopuler di Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan teknologi keuangan, GOTO. GoPay menyediakan berbagai layanan seperti pembayaran online, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, pembayaran transportasi, hingga pembayaran di toko fisik. Gopay juga dapat digunakan untuk transfer uang antar pengguna GoPay lainnya.

2. OVO

Aplikasi OVO yang merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Lippo Group dan SoftBank. Dalam perkembangannya OVO melakukan kolaborasi dengan berbagai brand lainnya seperti Grab dan Tokopedia. OVO merupakan salah satu e-wallet terkemuka sebagai pilihan di Indonesia yang menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran, transfer uang, pembelian pulsa, dan lain sebagainya.

3. DANA

DANA pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2018 dan merupakan pendatang baru dibanding dengan perusahaan lainnya. Berdasarkan data Riset iPrice Group, DANA berhasil naik satu peringkat di kuartal II 2019 menggeserkan LinkAja di posisi ketiga. DANA adalah salah satu e-wallet Indonesia yang banyak digunakan oleh masyarakat. DANA menawarkan berbagai kemudahan transaksi digital, seperti pembayaran tagihan, belanja online, transfer uang, dan pembelian pulsa dan paket data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper