Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! 5 Tips Jitu agar Anda Terbebas dari Jeratan Utang

Berikut strategi yang dapat Anda lakukan untuk agar terbebas dari jeratan utang dan menuju kebebasan finansial.
Ilustrasi utang/Freepik
Ilustrasi utang/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda sering merasa stres atau merasa tertekan akibat terlilit utang dalam jumlah besar? Simak tips jitu yang dapat memberikan dorongan bagi Anda untuk memilih terbebas dari jeratan utang

Efek dari utang tersebut juga bisa sangat memusingkan, baik secara harfiah maupun secara kiasan. Stres yang berlebihan dapat memanifestasikan secara alami baik fisik dan mental, salah satunya dalam bentuk masalah kesehatan seperti insomnia, nyeri, tekanan darah tinggi, atau sekadar perasaan lelah.

Stres akibat tekanan keuangan dapat berdampak negatif terhadap cara kita memperlakukan orang lain. Kecemasan akibat adanya utang dapat muncul dengan sendirinya sebagai ketidaksabaran, kemarahan, atau ketidakmampuan untuk mendengarkan orang lain secara aktif.

Menjalani gaya hidup yang bebas utang dapat melepaskan beban stres dan meningkatkan kepercayaan diri Anda saat Anda merasa bangga dengan situasi keuangan Anda. Pelunasan utang dapat meminimalkan stres bahkan membuka jalan untuk kebebasan finansial atau financial freedom

Keuntungan Finansial dari Bebas Utang

  • Lebih banyak penghasilan
  • Risiko finansial lebih kecil
  • Skor kredit atau SLIK membaik
  • Dana untuk nvestasi lebih besar

5 Tips Jitu agar Terbebas dari Jeratan Utang 

Berikut strategi yang dapat Anda lakukan untuk agar terbebas dari jeratan utang seperti dikutip dari Nerd Wallet pada Kamis (3/8/2023). 

1. Cari tahu apa arti hidup bebas utang 

Tentukan seperti apa bebas utang bagi Anda dan apa yang realistis berdasarkan situasi keuangan unik Anda. Hal itu mungkin berarti tidak memiliki hutang, tidak bergantung pada kartu kredit, atau menghapus hutang buruk apa pun seperti pinjaman gaji dan kartu kredit berbunga tinggi.

2. Ketahui berapa banyak utang yang Anda miliki

Sebelum menentukan pendekatan untuk hidup tanpa utang, Anda perlu mengetahui dengan tepat berapa banyak utang yang Anda miliki adalah baik.

Memahami rasio hutang terhadap pendapatan akan membantu Anda mempertimbangkan pilihan untuk mengatasi hutang dengan lebih baik.

3. Pilih metode pembayaran

Berikut beberapa metode pelunasan utang untuk dipertimbangkan saat Anda berusaha bebas dari utang:

Metode bola salju: Dengan metode bola salju, Anda memprioritaskan untuk melunasi saldo terendah Anda terlebih dahulu. Anda membayar jumlah minimum di semua akun lainnya. Dan begitu Anda menghilangkan saldo terendah, Anda menambahkan jumlah yang Anda bayarkan ke pembayaran minimum pada jumlah utang tertinggi berikutnya. Hal ini akan tumbuh seperti bola salju saat Anda menggulungnya.

Longsoran hutang: Dengan metode longsoran utang, Anda memprioritaskan hutang dengan tingkat bunga tertinggi sambil membayar minimum pada utang lainnya. Kemudian, Anda beralih ke suku bunga tertinggi berikutnya setelah hutang dengan suku bunga tertinggi dilunasi.

Konsolidasi utang: Dengan konsolidasi utang, Anda menggabungkan semua utang berbunga tinggi menjadi satu pembayaran bulanan dengan tingkat bunga lebih rendah. Mengkonsolidasikan utang Anda dapat mempersingkat waktu yang diperlukan untuk melunasinya dan membuat pembayaran lebih mudah dikelola.

Penghapusan utang: Penghapusan hutang dapat membantu meringankan beban keuangan Anda dengan mengubah persyaratan atau jumlah utang Anda. Anda harus mencari keringanan hutang jika melunasi hutang tanpa jaminan Anda, seperti pinjaman pribadi dan tagihan medis dalam waktu lima tahun tidak memungkinkan atau jika jumlah total hutang tanpa jaminan Anda adalah 50 persen dari pendapatan kotor Anda atau lebih.

4. Temukan anggaran yang sesuai dengan kondisi Anda

Membiasakan melacak uang Anda selalu merupakan langkah finansial yang baik. Dan menemukan sistem penganggaran yang sesuai untuk Anda dapat membantu Anda mempertahankan kehidupan bebas utang. Cobalah penganggaran berbasis nol, metode 50/30/20, atau sistem amplop.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi penganggaran yang mengotomatiskan proses dan bahkan menemukan cara untuk membuat anggaran membayar utang yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda saat ini. 


5. Kelola emosi Anda

Pertama, penting untuk diingat bahwa memiliki uutang atau hidup bebas utang bukanlah masalah moral. Anda bukan orang jahat jika Anda memiliki utang. Sebaliknya, Anda juga bukan orang baik jika Anda bebas dari utang. Satu hal yang pasti, utang harus dilunasi bagaimanapun caranya. 

Jika Anda ingin memperbaiki kebiasaan finansial dan membina hubungan yang lebih sehat dengan uang, bekerja sama dengan seorang ahli keuangan atau financial planner yang dapat memberikan kejelasan dan membantu menyiapkan strategi menuju kebebasan finansial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper