Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Ini 4 Tips Kelola Keuangan untuk Pemula

Simak 4 tips kelola keuangan untuk pemula. Lakukan tahapan-tahapan ini agar tak boncos.
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Mengelola keuangan dengan baik adalah faktor utama mencapai kemerdekaan finansial atau financial freedom seseorang. Kemampuan untuk mengelola keuangan atau financial plan dibutuhkan oleh berbagai kalangan, mulai dari pebisnis hingga ibu rumah tangga. 

Dilansir dari Nerd Wallet pada Senin (1/8/2023), manajemen keuangan berarti merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan keuangan.

Idealnya, kebutuhan pribadi menjadi faktor utama pengeluaran serta hal mendasar bagi anda dalam kesulitan mengatur manajemen keuangan.

Pada dasarnya Manajemen keuangan penting dalam kehidupan personal, usaha, atau bisnis. Anda juga bisa mempelajari hal ini, meskipun berstatus sebagai pemula atau tidak memiliki latar belakang ekonomi.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan bagi Anda yang ingin mempelajari soal pengelolaan keuangan. 

4 Tips Kelola Keuangan untuk Pemula 

1. Catat Keuangan Anda

Tahapan pertama dalam pengelolaan keuangan anda, diperlukan pengaturan dan perhitungan yang baik. Terbuka pada diri sendiri dalam melihat letak kelemahan dalam pengelolaan keuangan Anda.

Penting untuk mencatat apa saja pengeluaran anda dan menganalisis akan beberapa kesalahan langkah di masa lalu, tetapi Anda tidak harus melanjutkan jalan itu. Inilah cara mengelola uang Anda sekarang, sambil mempersiapkan masa depan.

2. Siapkan Blue Print untuk Kelola Uang

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan jika Anda ingin mencapai kebebasan finansial. Cara-cara tersebut acap kali disebut dengan blue print yang bisa menjadi patokan Anda ke depan. 

Pertama, mulailah dengan anggaran atau budgeting. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk memilah rancangan anggaran anda. Salah satunya yaitu metode rencana anggaran 50/30/20, yang mengalokasikan 50 persen pendapatan Anda untuk kebutuhan, 30 persen untuk keinginan, dan 20 persen untuk tabungan dan pelunasan hutang. Kalkulator anggaran 50/30/20 ini membagi penghasilan Anda ke dalam kategori-kategori ini.

Selanjutnya, lacak pengeluaran Anda. Dengan adanya langkah melacak pengeluaran, Anda dapat melihat apa saja pengeluaran anda. Hal Ini akan mendorong Anda untuk berhenti menghabiskan begitu banyak dalam kategori tertentu atau menyesuaikan kebiasaan belanja Anda agar lebih selaras dengan tujuan Anda.

Ketiga, temukan cara untuk menghemat uang. Langkah yang tepat dalam menghemat pengeluaran anda, yaitu memperhatikan pengeluaran anda. Cara menghemat uang, bisa dimulai dari hal kecil mengubah kebiasaan sehari-hari, menegosiasikan tagihan, hingga membuat perubahan jangka panjang bagi pengelolaan keuangan anda.

Keempat, gunakan rekening yang ditunjuk untuk pengeluaran dan tabungan

Menentukan rekening dalam pengeluaran, bisa menjadi tips dalam mengelola keuangan Anda. Salah satu cara untuk mempermudah pengelolaan uang adalah dengan menyimpan uang yang ditujukan untuk tagihan dan pengeluaran yang dianggarkan secara terpisah dari dana darurat Anda.

Ini akan mengurangi godaan untuk terjun ke dalamnya untuk hal-hal yang tidak darurat. Menabung untuk rumah, liburan, atau mobil baru? Simpan dana tersebut di akun terpisah sehingga Anda dapat melihat kemajuan menuju setiap tujuan.

Kelima, Buatlah rencana untuk melunasi utang. Pendekatan strategis untuk pembayaran utang akan membantu Anda mencapai garis akhir bebas hutang lebih cepat.

Terakhir, investasikan masa depan keuangan Anda. Sisihkan uang sekarang untuk dana pensiun dan biarkan bunga majemuk melakukan keajaibannya. Tujuan utamanya adalah kebebasan dan stabilitas keuangan jangka panjang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper