Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Strategi Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit dengan Cepat

Berikut 4 strategi yang bisa Anda lakukan untuk melunasi utang kartu kredit dengan cepat. Simak yuk!
Ilustrasi konsumen melakukan transaksi menggunakan kartu kredit/Freepik
Ilustrasi konsumen melakukan transaksi menggunakan kartu kredit/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kartu kredit bisa sangat membantu Anda untuk berbelanja kebutuhan lantaran prosesnya yang cepat dan banyak promo yang ditawarkan. Namun, Anda harus mewaspadai utang yang perlu dilunasi. 

Kartu kredit menjadi salah satu pembayaran secara non tunai dengan memanfaatkan kartu yang diterbitkan oleh bank tertentu. Pasalnya, kartu kredit memberikan kemudahan bagi nasabahnya dengan transaksi di awal yang dibayarkan oleh bank.

Setelah itu, nasabah akan membayar cicilan ke bank yang bersangkutan dengan nominal yang sudah ditentukan setiap awal bulan. Kartu kredit juga memberikan keuntungan kepada nasabahnya berupa promo dan reward.

Melunasi cicilan atau utang pada kartu kredit dengan cepat akan memberikan banyak manfaat, seperti skor kredit mengalami peningkatan, beban bunga lebih ringan, memiliki dana simpanan, dan sisa limit yang bertambah besar.

Lantas, bagaimana strategi yang harus ditempuh nasabah apabila ingin melunasi utang kartu kredit dengan cepat, simak langkah-langkahnya dikutip dari Bank of America, Selasa (19/3/2024).

4 Strategi Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit dengan Cepat

1. Target Lunaskan Satu Utang dalam Satu Waktu

Kewajiban nasabah kartu kredit adalah membayar kredit setiap bulannya, terdapat dua cara supaya kartu kredit bisa lunas dengan cepat, yaitu:

• Fokus dengan utang yang bunganya tinggi

• Menggunakan metode bola salju, melunasi utang pada kartu kredit dari saldo yang paling kecil terlebih dahulu

2. Membayar Lebih dari Jumlah Minimum

Jika melunasi utang dengan jumlah minimum maka waktunya akan lama, apabila Anda membayar lebih dari jumlah minimum yang ditentukan maka bunganya lebih sedikit.

3. Konsolidasikan Utang

Membayar utang dengan menggabungkan beberapa saldo bunga yang nilainya tinggi dengan bunga yang nilainya rendah supaya utang pada kartu kredit cepat selesai, berikut caranya:

• Memanfaatkan tingkat transfer saldo yang rendah, tujuannya mengalihkan utang dari kartu dengan nilai bunganya tinggi. Seperti diketahui, biaya transfer saldo senilai 3 hingga 5 persen tetapi penghematan dari tingkat bunga lebih rendah membuat bunga menjadi lebih besar dibandingkan biaya transfer saldo.

• Manfaatkan ekuitas rumah untuk membayar utang kartu kredit karena tingkat bunga yang ditawarkan jauh lebih rendah daripada yang dikenakan pada kartu kredit.

Perlu diingat, jika melakukan konsolidasi utang maka Anda harus mengatur pengeluaran supaya terhindar dari penumpukan utang baru.

4. Tinjau Pengeluaran

Anda harus mengkategorikan pengeluaran Anda dalam sebulan, termasuk belanjaan, transportasi, perumahan, dan hiburan. Bank akan mengkategorikan pengeluaran Anda melalui laporan kartu kredit, berikut caranya:

• Bayar dengan uang tunai, pembelian barang harus dipertimbangkan dengan uang tunai supaya terhindar dari pengeluaran yang berlebih.

• Gunakan keuntungan finansial seperti komitmen gaji, bonus, dan keuntungan lainnya untuk melunasi hutang Anda dengan cepat. (Ahmadi Yahya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper