Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Cara Melunasi Utang dengan Cepat dan Efektif

Berikut 5 strategi yang bisa diterapkan agar hidup Anda terbebas dari jeratan utang.
Ilustrasi cara agar hidup bebas utang. Dok Freepik
Ilustrasi cara agar hidup bebas utang. Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Bebas dari utang atau debt free membuat kehidupan menjadi sejahtera dan tidak ada tekanan untuk membayar tagihan utang. Kebanyakan orang menganggap hidup dengan memiliki utang bikin kepala pusing tujuh keliling, apalagi jika utangnya banyak dan tak bisa dilunasi dalam satu waktu. 

Anda menjadi tak bisa memprioritaskan untuk meningkatkan taraf hidup karena penghasilan yang didapatkan seharusnya bisa memenuhi keinginan, tetapi malah harus dibagi untuk membayar utang.

Meski demikian, utang tidak selalu buruk. Pasalnya, ada juga utang yang baik dengan bunga yang rendah sehingga meningkatkan nilai kekayaan yang dimiliki, contohnya hipotek atau utang kredit kepemilikan rumah (KPR). 

Lantas, bagaimana cara supaya hidup terbebas dari utang? Simak tips jitu yang bisa Anda terapkan dilansir dari Nerd Wallet, Jumat (16/3/2024)

5 Strategi agar Hidup Terbebas dari Utang

1. Definisi Hidup Bebas Utang Versi Anda

Cara pertama mencari arti dari hidup bebas utang versi Anda. Debt free bisa diartikan tidak memiliki utang atau tidak bergantung pada kartu kredit dengan bunga yang tinggi dan pinjaman gaji.

Manfaat bebas utang memang banyak sekali, namun terdapat kerugian yang harus dipertimbangkan, di antaranya:

• Menjadi Kredit Tidak Terlihat

Melunasi dan menutup rekening terbuka mengakibatkan biro kredit tidak bisa menghitung nilai kredit Anda. Tidak adanya nilai kredit membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan persetujuan kredit dan pinjaman yang akan digunakan sewa rumah, asuransi mobil, dan telepon seluler.

• Berkorban

Mempunyai utang artinya memiliki kewajiban untuk membayar sehingga harus mengorbankan sejumlah pengeluaran.

 

2. Ketahui Jumlah Utang yang Dimiliki

Ketika melakukan pendekatan hidup bebas utang, Anda harus mengetahui jumlah utang yang dimiliki. Memahami rasio utang terhadap pendapatan akan sangat membantu untuk mempertimbangkan pilihan dalam mengatasi utang dengan langkah yang baik.

3. Tetapkan Metode Pembayaran

Terdapat beberapa metode pembayaran utang, di antaranya:

Debt Snowball

Memprioritaskan saldo yang paling rendah untuk melakukan pelunasan utang, selanjutnya melunaskan utang dengan saldo yang tinggi. Metode ini seperti bola salju yang digelindingkan.

Debt Avalanche

Memprioritaskan utang dengan nilai bunga yang tertinggi sambil membayar minimum utang yang lainnya.

• Konsolidasi Utang

Gabungan keseluruhan utang dengan bunga yang tinggi menjadi satu pembayaran bulanan dengan tingkat bunga yang paling rendah. Tujuannya, mempersingkat waktu untuk melunasi utang dan pembayaran yang mudah untuk dikelola.

• Keringanan Utang

Dilakukan dengan cara mengubah syarat atau jumlah utang Anda, keringanan utang bisa dilakukan apabila melunasi utang tanpa adanya jaminan. Pilihan keringanan utang meliputi manajemen utang, kebangkrutan, penyelesaian utang.

5 Cara Melunasi Utang dengan Cepat dan Efektif

4. Tentukan Anggaran yang Sesuai

Membiasakan menentukan uang Anda adalah langkah finansial yang baik serta menemukan cara untuk mengelola anggaran dapat membantu hidup bebas utang.

Coba gunakan penganggaran berbasis nol, metode 50/30/20, atau sistem amplop. Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk menentukan anggaran secara otomatis dan sesuai dengan kebutuhan.

Tidak lupa untuk menyiapkan dana darurat sehingga membantu Anda terhindar dari utang baru apabila pengeluaran tak terduga muncul.

5. Kelola Emosi Anda

Utang tidak selaku buruk dan bukan masalah moral. Anda bukan orang jahat jika punya utang dan bukan orang baik jika bebas dari utang. Jika ingin meningkatkan finansial dan mengelola uang lebih sehat bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan. (Ahmadi Yahya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper