Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong Transformasi Digital, QRIS Raih Penghargaan Internasional

QRIS meraih penghargaan Indonesia Recognition of Excellence 2023 oleh OpenGov Asia atas dampaknya terhadap transformasi digital di bidang sistem pembayaran.
Pembeli melakukan pembayaran melalui pemindaian QRIS di Pasar Minggu, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Pembeli melakukan pembayaran melalui pemindaian QRIS di Pasar Minggu, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), standar pembayaran berbasis QR Code yang dikembangkan Bank Indonesia (BI), meraih penghargaan Indonesia Recognition of Excellence 2023 oleh OpenGov Asia.

QRIS dinilai telah memberikan dampak pada transformasi digital yang bermanfaat bagi masyarakat dan dipandang sebagai powerful tool yang dapat mendukung digitalisasi dan integrasi regional.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan bahwa Indonesia Recognition of Excellence 2023 merupakan penghargaan yang mengapresiasi lembaga dan organisasi sektor publik atau swasta yang telah mencapai keunggulan dalam menggunakan Information and Communication Technology (ICT) untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. 

Atas dasar penilaian tersebut, OpenGov Asia memberikan penghargaan bagi sejumlah lembaga di beberapa negara ASEAN, Australia dan Selandia Baru yang telah memberikan kontribusi.

Erwin mengatakan, QRIS merupakan bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, yang diluncurkan BI bersama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. 

Dalam perkembangannya, QRIS telah memiliki berbagai fitur yang semakin memudahkan pengguna dan pedagang/merchant, antara lain QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM), QRIS Consumer Presented Mode (CPM), dan QRIS Antar Negara. 

“Sinergi yang kuat dengan seluruh pemangku kepentingan terkait seperti pemerintah, pelaku industri dan masyarakat, menjadi salah satu strategi utama dalam perluasan akseptasi QRIS,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (4/8/2023).

Tercatat, 26,7 juta merchant telah terhubung QRIS hingga Juni 2023, dengan 91,4 persen dari jumlah itu adalah UMKM.

Transaksi QRIS sepanjang 2022 pun tercatat sebesar 1,03 miliar transaksi, atau tumbuh signifikan 86 persen secara tahunan.

“BI berkomitmen untuk terus melakukan berbagai inovasi fitur QRIS seperti QRIS Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai [Tuntas] yang akan segera diluncurkan, serta perluasan kerja sama QRIS, termasuk kerja sama perluasan interkoneksi pembayaran QR Code dengan negara mitra,” jelas Erwin.

Sebagai informasi, OpenGov Asia merupakan sebuah organisasi di bidang konten/relasi publik yang berbasis di Singapura. 

Organisasi ini menyorot inisiatif sektor publik yang berhasil menghadirkan solusi berbasis teknologi bagi masyarakat, di berbagai sektor seperti pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan jasa keuangan. 

Erwin mengatakan, dengan diterimanya penghargaan ini, BI bersanding dengan kementerian lain yang menerima anugerah serupa, yaitu Kementerian Kesehatan dengan program ‘SatuSehat’ dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan program ‘Rapor Pendidikan’. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper