Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sulselbar Raih Penghargaan BPD dengan Inovasi Digital Terbanyak di BIFA 2023

PT Bank Sulselbar meraih penghargaan “The Most Digital Initiatives of Regional Bank” dalam Bisnis Indonesia Financial Awards (BIFA) 2023.
Kantor Bank Sulselbar/Istimewa
Kantor Bank Sulselbar/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Sulselbar dinobatkan sebagai “Most Digital Initiatives of Regional Bank”. Penghargaan tersebut diberikan pada acara Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2023 yang dilaksanakan di The Westin Hotel Jakarta, Kamis (24/8/2023).

BIFA merupakan penghargaan bagi individu dan perusahaan finansial yang berhasil mencatatkan kinerja cemerlang dan efisiensi tinggi, serta konsisten berada dalam koridor praktik bisnis yang baik. Apresiasi ini diharapkan dapat mendorong industri finansial untuk berperan lebih besar dalam pemulihan perekonomian nasional yang disebabkan pandemi Covid-19.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kebijakan Jasa Keuangan dan Pasar Modal Arief Wibisono mengatakan transformasi digital di sektor keuangan akan terus mendukung dan memperkuat upaya pemulihan ekonomi Tanah Air. 

“Saya optimis percepatan digitalisasi dapat membuka kesempatan investasi dan memperluas bisnis, guna menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Hal ini berpotensi menjadi bagian penting dalam mempercepat pertumbuhan yang lebih berkelanjutan dan inklusif,” katanya dalam sambutan BIFA 2023 di The Westin Jakarta, Kamis (24/8/2023). 

Adapun penerimaan penghargaan ini diwakili oleh Pemimpin Divisi Corporate Secretary Rakhmat Nur Kadir. 

Selain mengejar target menjadi bank devisa, Bank Sulselbar memang terus fokus untuk bebenah dengan memperkuat strategi digital banking. Proyeksi itu dilakukan guna memudahkan nasabah dan memperluas jaringan. 

Dengan berorientasi pada pemanfaatan teknologi digital, Bank Sulselbar mengawali transformasi digital banking dengan meluncurkan mobile banking dan internet banking pada 2018.

Upaya yang akan dilakukan Perseroan dalam pengembangan teknologi informasi kedepannya antara lain, dengan melakukan pengadaan dan pengembangan system & infrastruktur IT yang terukur dan terencana, antara lain: Cash Deposit Machine, Tele/Video Confrence, Data Warehouse, Aplikasi e-Office, Aplikasi HRIS, Aplikasi LOS, Aplikasi KM, Aplikasi Enterprise Risk Management System, Mobile Banking, Internet Banking, Internet Base Case Management, Executive Information System hingga menerapkan SLA proses kerja penting bidang IT khususnya yang berhubungan dengan pelayanan nasabah dan pemenuhan regulasi.

Langkah-langkah strategis di bidang pengembangan teknologi informasi telah diterapkan Perseroan untuk mempertahankan market share-nya dan dalam upaya untuk memperluas pangsa pasar. Hal ini tergambar dengan diaplikasikannya system informasi teknologi yang dirancang secara real time on line untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan pelayanan,” tulis manajemen dalam laman perusahaan.

Sebagai informasi, Bank Sulselbar sendiri pada kuartal I/2023 mencatatkan laba bersih Rp205,69 miliar, per Maret 2023, angka ini turun 2,77 persen dari Rp211,55 miliar pada Maret 2022. 

Penyusutan laba Bank Sulselbar sejalan dengan penurunan pendapatan bunga bersih (net interest income/NII) 7,39 persen yoy menjadi Rp405,47 miliar. 

Namun, dari posisi pendapatan, Bank Sulselbar mencatatkan kinerja yang positif, di mana fee based income tumbuh tipis 0,22 persen menjadi Rp74,67 miliar dari yang sebelumnya Rp74,50 miliar. Adapun, pendapatan lain tercatat naik signifikan 138,19 persen menjadi Rp56,66 miliar dibanding periode yang sama tahun lalu Rp23,79 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper