Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amartha Gandeng BroilerX Kucurkan Dana Rp100 Miliar untuk Tingkatkan Laba Peternak

Amartha berkerja sama dengan BroilerX untuk tingkatkan pendapatan peternak ayam dengan melakukan pembiayaan hingga Rp500 juta.
Kerja sama antara Amartha dan BroilerX bertujuan tingkatkan pendapatan atau laba peternak ayam di pedesaan/Bisnis-Restu
Kerja sama antara Amartha dan BroilerX bertujuan tingkatkan pendapatan atau laba peternak ayam di pedesaan/Bisnis-Restu

Bisnis.com, SOLO - PT Amartha Mikro Fintek, platform layanan keuangan, secara resmi melakukan kolaborasi dengan BroilerX, perusahaan teknologi di sektor peternakan.

Kolaborasi ini dilakukan untuk meningkatkan peningkatan pendapatan para peternak di sektor akar rumput atau pedesaan.

Amartha berkomitmen menyalurkan permodalan senilai Rp100 miliar bagi peternak binaan BroilerX dengan besaran pembiayaan mulai dari Rp100-700 juta rupiah per orang.

Kolaborasi Amartha dan BroilerX dimulai pada Juni 2023 melalui program Kemitraan Partner Farming, di mana program kemitraan ini menargetkan ratusan peternak yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah, dan Jawa Timur untuk berpeluang menerima fasilitas pinjaman modal kerja dari Amartha.

"Lewat kerja sama ini, peternak dapat mengakses layanan keuangan inklusif dari Amartha sekaligus mengadopsi teknologi smart farming yang disediakan oleh BroilerX. Sehingga tercipta iklim kolaboratif yang saling menguntungkan dengan pemanfaatan teknologi, yang diharapkan dapat menciptakan kesejahteraan yang merata," tutur Adityo Putranto, Head of Business Partnership Lending Amartha dalam keterangan resminya, Kamis (24/8/2023).

Di sisi lain, CEO BroilerX Prastyo Ruandhito mengatakan bahwa perusahaannya melihat potensi yang besar bagi sektor peternakan ayam untuk berkembang.

"Namun, masalah yang dihadapi para peternak binaan tidak berhenti pada produktivitas saja, namun juga masalah terhadap akses finansial. Sering kali peternak sudah siap dengan ilmu dan keahlian, namun terbentur permodalan untuk bisa berkembang. Oleh sebab itu, butuh kerja sama dengan mitra lain yang memiliki kredibilitas dalam hal keuangan inklusif. Ini terjawab lewat kolaborasi dengan Amartha,".

Sistem pembiayaan

Adapun sistem pembiayaan yang digunakan dalam kolaborasi ini yakni dilakukan bukan dalam bentuk uang cash atau tunai.

Amartha melalui BroilerX akan mencatat kebutuhan peternak untuk meningkatkan kapasitas produksi. Peternak akan mengajukan kebutuhan dana yang dipakainya untuk membeli pakan, perawatan kandang, kebutuhan listrik, hingga pembelian peralatan.

Selepas itu, BroilerX akan mengajukan jumlah pembiayaan kepada Amartha hingga kemudian perusahaan lending ini akan mengirimkan barang yang dibutuhkan oleh peternak.

Syarat pembiayaan

Syarat pembiayaan dari Amartha ini tak serta merta diberikan secara cuma-cuma. Para peternak harus melalui sejumlah survei untuk bisa lolos dan pendapatkan pembiayaan.

Dari BroilerX sendiri juga memiliki syarat bahwa peternak yang bisa bergabung dengannya adalah mereka yang memiliki jumlah unggas minimal sebanyak 5000 ternak.

"Kalau dari kaca mata perspektif saya agar ketemu angka yang pas ya 5000 ekor itu. Sehingga bisa bertemu antara effort yang dikeluarkan dengan hasil (laba) yang didapat,"

Kemudian melihat dari kebutuhannya, pembiayaan yang diberikan untuk peternak ini pun berbeda-beda. Amartha akan memberikan pinjaman mulai dari Rp50-500 juta per pertenaknya.

Kemudian para peternak ini memiliki tenor pembiayaan yang disesuaikan dengan masa panen di sektor peternakan, yaitu mulai dari 45 hari sampai 90 hari.

Dalam menyalurkan modal bagi peternak ayam, Amartha memanfaatkan teknologi risk-profiling berbasis AI, yang akan menghasilkan credit scoring akurat bagi peternak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper