Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikhtiar Sejumlah Bank Membalikkan Kondisi dari Rugi jadi Untung

Meski diterpa kerugian pada kuartal III/2023, sederet bank sedang berupaya untuk membalikan keadaan untuk meraup laba.
Ilustrasi bank. /Freepik
Ilustrasi bank. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Terdapat sederet bank yang masih membukukan kerugian, bahkan ruginya membengkak pada kuartal III/2023. Meski diterpa kerugian, bank-bank tersebut sedang berupaya untuk membalikan keadaan untuk meraup laba.

Salah satu bank yang mencatatkan rugi adalah PT Bank Commonwealth. Berdasarkan laporan keuangannya, unit usaha dari Commonwealth Bank of Australia (CBA) di Indonesia itu mencatatkan rugi bersih sebesar Rp415,83 miliar pada kuartal III/2023.

Rugi itu membengkak lima kali lipat lebih atau 452,08% secara tahunan (year on year/yoy) dibandingkan rugi bersih periode yang sama tahun sebelumnya Rp75,32 miliar.

Di tengah kinerja keuangan yang memburuk, Bank Commonwealth mengumumkan akan diakuisisi oleh PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP).

Emiten portofolio Lo Kheng Hong ini telah melakukan penandatanganan sale and purchase agreement (SPA) dengan CBA untuk membeli 99% saham di Bank Commonwealth. Estimasi dari nilai rencana transaksi akuisisi adalah Rp2,2 triliun.

OCBC Indonesia juga bermaksud untuk mengakuisisi sisa 1% saham Bank Commonwealth dari pemegang saham lainnya. Rencana akuisisi ini akan memerlukan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan pemenuhan kondisi lainnya.

CBA memang sejak tahun lalu berniat untuk menjual Bank Commonwealth. Dengan penjualan unit usahanya di Indonesia itu, CBA akan mendapatkan dana segar tambahan. Selain itu, langkah penjualan Bank Commonwealth menjadi strategi perusahaan untuk keluar dari pasar non-intinya.

"Penjualan kepemilikan saham ini sejalan dengan strategi CBA untuk fokus pada bisnis perbankan di Australia dan Selandia Baru," tulis Manajemen CBA di laman resminya pada Kamis (16/11/2023).

Selain Bank Commonwealth, nyatanya masih terdapat bank-bank lain yang membukukan kerugian setidaknya hingga kuartal III/2023.

Bank digital milik Emtek Group, Superbank misalnga mencatatkan rugi bersih mencapai Rp254,74 miliar pada kuartal III/2023, membengkak dua kali lipat atau 102,71% dari sebelumnya Rp125,67 miliar pada kuartal III/2022.

Bank digital lainnya PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK) juga masih mencatatkan rugi bersih Rp145,73 miliar pada kuartal III/2023.

Adapun, bank digital besutan PT Akulaku Silvrr Indonesia yakni PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) memang belum melaporkan kinerja keuangannya pada kuartal III/2023. Namun, berkaca pada kuartal sebelumnya, BBYB masih mencatatkan rugi bersih Rp326,77 miliar.

PT KB Bukopin Tbk. (BBKP) juga masih mencatatkan rugi Rp3,37 triliun pada kuartal III/2023. Bahkan, rugi Bank KB Bukopin membengkak dibandingkan rugi bersih pada periode yang sama tahun sebelumnya Rp2,63 triliun.

Ikhtiar Sejumlah Bank Membalikkan Kondisi dari Rugi jadi Untung

Karyawati melayani nasabah di kantor cabang PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP), Jakarta, Selasa (28/6/2022). Bisnis/Abdurachman

Selain itu, PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (BEKS) mencatatkan rugi bersih Rp14,52 miliar pada kuartal III/2023. Meskipun, rugi bank susut 88,48% secara tahunan (year on year/yoy).

Direktur Utama Bank Banten Muhammad Busthami mengatakan BEKS mempunyai semangat baru yang dicanangkan sejak 2023 untuk memperbaiki kinerja bisnis. 

Beragam strategi pun disiapkan dalam segala lini, di antaranya dari sisi organisasi BEKS menjalankan transformasi sumber daya manusia (SDM) atau Transformasi Human Capital Jawara 2023.

Bambang Widyatmoko selaku Direktur Operasional Bank Banten mengatakan manajemen Bank Banten juga akan terus konsisten mengimplementasikan strategi efisiensi biaya, paralel dengan strategi bisnis, operasional, dan strategi transformasi SDM.

Bank Banten juga terus berupaya meningkatkan daya saing baik dari sisi pengembangan SDM, produk, layanan hingga teknologi informasi.

Dengan begitu, diharapkan pemerintah daerah yang menjadi ekosistemnya baik provinsi, kota, dan kabupaten di Banten dapat mempercayakan pengelolaan kas daerah serta perluasan kesempatan pengelolaan potensi bisnis di Bank Banten. 

Selain itu, BEKS menggelar aksi korporasi right issue seiring dengan upaya menekan kerugian yang konsisten dicetak sejak 2014.

Dalam paparan publik (public expose) tahunannya, Bank KB Bukopin menargetkan laba pada 2024 melalui sejumlah cara. Manajemen BBKP menjelaskan bank misalnya akan berekspansi memperluas pinjaman baru yang berkualitas dan mempercepat penyelesaian kredit macet.

Selain itu, BBKP juga menjalankan efisiensi biaya serta meningkatkan pendapatan melalui produk eksisting dan baru, baik produk kredit maupun fee based income.

Deputi President Director Bank KB Bukopin Robby Mondong juga menjelaskan bahwa tahun ini BBKP berupaya turnaround atau membalikkan bisnis menjadi lebih baik bersama pemegang saham pengendalinya KB Financial Group-Korea.

Begitu juga dengan Bank Aladin Syariah. Presiden Direktur Bank Aladin Syariah Dyota Marsudi mengatakan sampai dengan kuartal III/2023, Bank Aladin Syariah memang masih membukukan rugi. Namun, BANK telah melakukan banyak pencapaian kinerja yang memberikan dampak positif bagi kinerja bisnis. 

"Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah pengguna yang teregistrasi dan penghimpunan DPK [dana pihak ketiga] yang terus meningkat. Tidak hanya itu, pembiayaan Bank Aladin Syariah juga terus tumbuh dengan kualitas aset yang masih sangat terjaga," ujarnya dalam keterangan tertulis pada bulan lalu (31/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper