Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AMAR Genjot Inovasi Digital Banking, Salurkan Pinjaman Rp10 Triliun

Melalui Tunaiku, Amar Bank telah melayani hampir 400,000 UMKM, menyalurkan lebih dari 1 juta pinjaman dengan total nilai Rp10 triliun per September 2023.
Karyawan beraktivitas disalah satu kantor cabang PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) di Jakarta, Selasa (25/1/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas disalah satu kantor cabang PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) di Jakarta, Selasa (25/1/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten perbankan, PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) memperkuat pemanfaatan teknologi digital banking lewat beberapa inovasi, salah satunya melalui pinjaman digital Tunaiku.

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian menjelaskan bahwa pihaknya percaya bahwa teknologi harus dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberikan dampak positif pada kehidupan.

"Untuk itu, berbagai solusi kami hadirkan mulai dari penyaluran kredit melalui platform pinjaman digital Tunaiku, aplikasi bank digital yang dapat mendukung masyarakat untuk mulai menabung, perlindungan penuh pada tabungan nasabah melalui Brankas, hingga menghadirkan kolaborasi embedded banking & finance dengan berbagai mitra," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (19/11/2023).

Sebagai gambaran, melalui Tunaiku, Amar Bank telah melayani hampir 400,000 UMKM, menyalurkan lebih dari 1 juta pinjaman dengan total nilai lebih dari Rp10 triliun per September 2023.

Keberhasilan ini salah satunya dapat diatribusikan pada penggunaan teknologi Big Data dan Predictive Analytics oleh Tunaiku sejak tahun 2014.

Amar Bank meluncurkan aplikasi perbankan digital, bank cerdas khusus seluler berbasis cloud pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi AI untuk mendorong kebiasaan menabung dan mengelola keuangan pribadi yang lebih baik.

"Hingga September 2023, aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 530 ribu pengguna. Selain itu, aplikasi Amar Bank kini telah dilengkapi dengan fitur pembayaran melalui QRIS, virtual account, kartu debit, dan menerapkan sistem pembayaran BI-Fast. Langkah ini menegaskan komitmen Amar Bank dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan inklusi keuangan," tambahnya

Selain itu, berangkat dari banyaknya ancaman kejahatan dan penipuan keuangan digital, Amar Bank dengan cepat merespons hal tersebut dengan menghadirkan inovasi untuk memberikan keamanan nasabah sebagai prioritas utama melalui fitur Brankas dari Amar Bank.

Fitur ini memberikan perlindungan penuh pada aset nasabah dengan proteksi berlapis yang didukung oleh teknologi AI serta dapat dipersonalisasi sesuai dengan karakteristik setiap nasabah. Penerapan keamanan berlapis ini hanya dapat diakses oleh nasabah yang berwenang

Terakhir, Amar Bank juga memprioritaskan pendekatan yang berfokus pada inovasi terkini yang disebut Collaborative Embedded Banking and Finance. Dengan Inovasi ini, berbagai pemain non-perbankan dapat menyematkan layanan perbankan digital Amar Bank ke dalam platform ekosistem digital mereka.

Hal ini memungkinkan mitra Amar Bank untuk menyediakan layanan perbankan seperti pembayaran, pinjaman, hingga pengecekan rekening kepada konsumennya tanpa perlu beralih aplikasi.

Melalui penerapan strategi ini, Amar Bank semakin memperluas jangkauan layanan perbankan digital ke lebih banyak lagi UMKM dan individu.

"Dalam lanskap digital yang tengah berkembang pesat, inovasi yang kami hadirkan bukan hanya menjadi sebuah terobosan teknologi melainkan tentang bagaimana memahami dan menjawab kebutuhan nasabah untuk meningkatkan kualitas hidup mereka," jelas Vishal.

Sebagai bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM, AMAR pun diganjar penghargaan sebagai Most Innovative Digital Bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper