Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cermati Protect Beberkan Peluang Asuransi HP Smartphone di Indonesia

Indonesia berada di peringkat keenam dengan pengguna smartphone terbanyak di Indonesia. Angkanya mencapai 73 juta pengguna.
Ilustrasi smartphone dengan performa baterai terbaik/GSM Arena
Ilustrasi smartphone dengan performa baterai terbaik/GSM Arena

Bisnis.com, JAKARTA— Perusahaan pialang asuransi digital PT Fokus Solusi Proteksi (Cermati Protect) mengungkap peluang asuransi HP smartphone di Indonesia. 

Terlebih Indonesia berada di peringkat keenam dengan pengguna smartphone terbanyak di Indonesia. Angkanya mencapai 73 juta pengguna, di mana rata-rata tiga orang memiliki satu ponsel di Indonesia. 

Kendati demikian, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengasuransikan smartphone. Padahal kerusakan yang terjadi diluar garansi pabrik bisa saja terjadi.

Dengan demikian, VP of Insurance Cermati Protect, Juanri mengatakan peluang pasar untuk proteksi smartphone masih sangat besar. 

“Berdasarkan quick survey, sekitar 60% dari kita semua tidak memakai proteksi gadget, which is memiliki peluang yang sangat besar untuk bisa lebih mengerti lagi asuransi gadget,” kata Juanri beberapa waktu lalu. 

Juanri mengatakan bahwa smartphone menjadi perangkat yang tidak terpisahkan dari kegiatan individu sekarang ini. Bahkan satu orang saja bisa memiliki lebih dari satu smartphone.

Dia yakin bahwa masyarakat sudah mengerti terkait dengan asuransi. Namun memang produk asuransi tidak mudah dijangkau seperti sekarang dengan digitalisasi. 

Oleh sebab itu, Cermati Protect melihat kesempatan tersebut dengan menjadi pemain di pasar insurance technoloy (insurtech) Indonesia.

Salah satu pasar yang dirambah adalah bekerja sama dengan e-commerce. Untuk asuransi smartphone sendiri, Cermati Protect bekerja sama dengan entitas Grup Djarum Blibli. 

Tak hanya online, Cermati Protect juga merambah pasar offline dengan memberikan proteksi gadget bagi konsumen toko fisik di bawah ekosistem Blibli di antaranya Blibli, Tukar Tambah, Hello Apple Authorised Reseller melalui Bliblicare+.

Produk asuransi Bliblicare+ tersebut memberikan enam manfaat dan satu tambahan dengan angka premi mulai dari Rp99.000 per tahun. 

Adapun perlindungan yang diberikan antara lain kerusakan akibat terkena atau kemasukan cairan, kebakaran, sambaran petir, ledakan, kejatuhan, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang atau asap, kerusuhan, pemogokkan, huru hara, gempa bumi, letusan gunung merapi, tsunami, penggantian aksesoris di dalam paket penjualan hingga kerampokan khusus Bliblicare+ premium. 

Produk asuransi itu juga menawarkan 0% depresiasi nilai pertanggungan, dimana nasabah bisa mendapatkan klaim dengan harga baru bukan harga pasar setelah terjadi kerusakan. Bekerja sama dengan Blibli sejak 2020, Cermati Protect mengklaim telah mendistribusikan proteksi kepada lebih dari 175.000 perangkat gadget. 

Klaimnya mayoritas 70% tanpa pengeluaran pihak konsumen atau pengeluaran di depan. Jumlah manfaat yang telah disalurkan mencapai lebih dari Rp1 miliar pada tahun ini, paling banyak smartphone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper