Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Mobile Jangkau 2,5 Juta Pengguna, Fitur Paylater Siap Meluncur

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) akan mengembangkan fitur BTN Mobile pada 2024 termasuk menambahkan paylater.
Karyawan mencoba layanan terbaru dalam aplikasi milik Bank Tabungan Negara./Istimewa
Karyawan mencoba layanan terbaru dalam aplikasi milik Bank Tabungan Negara./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) akan bergeliat mengembangkan platform digital super app miliknya yakni BTN Mobile pada 2024. Di antara strategi yang akan digunakan BTN adalah memperluas fitur, termasuk meluncurkan fitur beli sekarang bayar nanti (buy now pay later/BNPL) atau paylater.

Kepala Divisi Digital Channel Division Bank BTN, Tan Jacky mengatakan super app BTN Mobile baru diluncurkan pada awal tahun ini. Namun, perkembangannya penggunaanya pesat.

Berdasarkan presentasi perusahaan per kuartal III/2023, jumlah pengguna BTN Mobile telah mencapai lebih dari 2,5 juta. Nilai transaksi BTN Mobile telah menyentuh Rp37 triliun, naik 43,04% secara tahunan (year on year/yoy) pada September 2023. Adapun, jumlah transaksi mencapai 284 juta, naik 117,33% yoy.

Jacky mengatakan saat ini BTN Mobile menjadi salah satu platform yang diusung sesuai dengan fokus di bisnis mortgage. Namun, ke depan, akan banyak pengembangan-pengembangan yang dilakukan BTN. 

"Ekosistem digital akan ditambahkan agar bisa mempermudah nasabah," katanya pada Kamis (14/12/2023) di Jakarta. 

Bulan ini saja, BTN akan meluncurkan fitur home service di BTN Mobile. Nasabah tidak hanya dapat mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR), tapi juga bisa memenuhi kebutuhan rumahnya seperti AC dan alat pembersih rumah.

Apalagi menurutnya saat ini mobile banking platform dipermudah dengan adanya teknologi open application programming interface (API).

Pada tahun depan, BTN juga merencanakan untuk meluncurkan fitur paylater. "Paylater sedang diusung modalnya bagaimana. Kita punya plan di 2024 ada kategori pinjaman lainnya, termasuk paylater," ujar Jacky.

Sebelumnya, Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu juga mengatakan BTN bakal meluncurkan layanan paylater pada kuartal I/2024. Adapun, pada tahap awal, layanan ini akan diberikan pada nasabah eksisting BTN yang mencapai 5 juta nasabah.

Nixon mengatakan peluncuran fitur paylater dilakukan sebagai upaya memberikan layanan dengan harga atau bunga yang lebih murah dibanding dengan paylater yang diterbitkan dengan lembaga keuangan lain.

“Ini seru, kita melihat banyak nasabah kami memiliki kebutuhan. Biasanya di tahun kelima mereka butuh untuk renovasi rumah, lalu karena anak nambah, jadi butuh kamar tambahan atau furnitur tambahan,” ujarnya pada Bisnis, bulan lalu (29/11/2023).

Nixon juga menjamin bahwa paylater BTN akan memberikan tawaran yang kompetitif. “Apabila nasabah akses ke lembaga lain, bunga sangat tinggi dengan syarat yang cukup membuat mereka sulit, sementara itu, sistem kami juga dilakukan tidak lewat aplikasi, malah kita tawarkan ke nasabah eksisting [langsung],” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper