Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Telah Tiba! Simak Tips Atur Keuangan Anti Boncos dari OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan lima tips mengatur keuangan saat berlibur tanpa harus cemas dompet tergerus.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA — Tahun akan berganti dan menjadi momen yang dinanti untuk berlibur bersama keluarga. Sayangnya, liburan terkadang membuat dompet menjadi mengempis. Simak tips keuangan agar aman saat liburan!

Mengutip Instagram resmi @ojkindonesia, Minggu (24/12/2023), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan lima tips mengatur keuangan saat berlibur tanpa harus cemas dompet tergerus.

Pertama, susun rencana liburan sesuai kemampuan anggaran. Langkah pertama ini sangat penting dan perlu diperhatikan. OJK mengimbau agar masyarakat menyesuaikan anggaran dengan kemampuan finansial.

“Jangan memaksakan diri apalagi sampai berutang,” demikian yang dikutip dari Instagram resmi @ojkindonesia.

Caranya, buat pos anggaran dan rencana pengeluaran. Pos ini bisa diisi dengan menulis anggaran penginapan, transportasi, tiket wisata, makanan, maupun belanja oleh-oleh.

Kedua, bandingkan penawaran transportasi dan akomodasi. Masyarakat bisa membandingkan berbagai penawaran harga dan promo agar bisa mendapatkan harga terbaik dan meringankan keuangan.

Ketiga, disiplin anggaran dan hindari FOMO alias fear of missing out. “Belanja sesuai rencana yang telah ditentukan, tahan diri dari godaan membeli barang yang bukan kebutuhan,” jelas OJK.

Keempat, jaga keamanan data pribadi. OJK mengimbau agar masyarakat menghindari menggunakan WiFi umum untuk melakukan transaksi keuangan. Selain itu, jangan berikan nomor PIN, password, dan kode OTP (one time password) kepada pihak yang tak dikenal.

Tips kelima, aktifkan notifikasi rekening dan simpan nomor call center bank. Menurut OJK, dengan mengaktifkan notifikasi transaksi rekening, maka masyarakat bisa memonitor semua transaksi keuangan, termasuk jika ada transaksi yang mencurigakan.

“Jangan lupa untuk menyimpan nomor call center bank untuk berjaga-jaga jika mengalami kendala,” terang OJK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper