Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geliat Bank Danamon hingga CIMB Niaga Ubah Wajah Kantor Cabang

Sejumlah bank melakukan transformasi kantor cabang seiting dengan pesatnya digitalisasi.
Nasabah beraktivitas di salah satu cabang Bank Danamon di Jakarta, Selasa (22/2/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Nasabah beraktivitas di salah satu cabang Bank Danamon di Jakarta, Selasa (22/2/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) hingga PT CIMB Niaga Tbk. (BNGA) bergeliat ubah wajah kantor cabang mereka di era pesatnya digitalisasi. Kantor cabang pun saat ini jumlahnya kian susut.

Bank Danamon misalnya mengubah deretan kantor cabangnya dengan konsep Next Generation Branch. Kantor cabang ini berfungsi sebagai ruang publik atau communal space yang menjadi pusat interaksi bagi para nasabah, memperkuat koneksi, serta mendorong pertumbuhan secara bersama-sama.

Terdapat pula fasilitas Danamon Showcase di sejumlah kantor cabang tersebut yang memungkinkan nasabah mempromosikan usaha mereka secara cuma-cuma.

Branch Network Head Bank Danamon Eka Dinata mengatakan pada akhir tahun lalu saja, Danamon telah mentransformasi kantor cabangnya dengan menyelesaikan renovasi dan membuka kembali tiga kantor cabang berkonsep Next Generation Branch.

Total, telah ada 52 cabang berkonsep Next Generation Branch di seluruh Indonesia. Eka mengatakan transformasi kantor cabang itu akan dilanjutkan pada 2024.

Menurutnya, transformasi kantor cabang ini dilandasi komitmen Danamon untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi kebutuhan nasabah.

"Ini adalah perwujudan dari komitmen Danamon untuk tumbuh bersama nasabah," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Selasa (9/10/2024).

Danamon juga telah melihat adanya pergeseran fokus kunjungan ke kantor cabang bank, dari transaksi dasar menjadi hubungan yang lebih bermakna, membangun kepercayaan, dan bekerja sama mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Kemudian, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) mengubah wajah kantor cabangnya. BTN melakukan pemetaan pada kantor cabangnya sesuai dengan potensi wilayah. Kemudian, kantor cabang difokuskan pada segmentasi pasar yang potensial, seperti untuk meraup pendanaan atau penyaluran kredit baik perumahan serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Bank digital PT Bank Raya Indonesia Tbk. (AGRO) pun mengandalkan kantor cabang. Namun, konsep kantor cabangnya bukan hanya sebagai tempat penyedia layanan keuangan bagi nasabah. Bank Raya memiliki konsep cabang bernama community branch.

Bank Raya pada 2023 menjalankan strategi perluasan community branch di berbagai daerah untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan bank digital lebih banyak lagi. 

Community branch di beberapa daerah sebagai touch point untuk mengakomodasi kebutuhan finansial nasabah retail, pelaku usaha, dan juga komersial yang melengkapi layanan di aplikasi Bank Raya.

Adapun, hingga akhir 2023, Bank Raya memiliki 8 kantor cabang dan 11 community branch di Indonesia.

“Community branch adalah pendekatan kami sebagai bank digital mengikuti kebutuhan nasabah yang semakin meningkat untuk layanan perbankan," kata Direktur Utama Bank Raya Ida Bagus Ketut Subagia dalam keterangan tertulis pada akhir tahun lalu (19/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper