Menilik Ketertarikan Gen Z & Milenial oleh Pameran Otomotif & Konser

Kehadiran konser musik dalam berbagai perhelatan di industri MICE kini menjadi tren, apalagi target yang disasar dari event tersebut adalah Gen Z dan Milenial.
Foto: Menilik Ketertarikan Gen Z & Milenial oleh Pameran Otomotif & Konser
Foto: Menilik Ketertarikan Gen Z & Milenial oleh Pameran Otomotif & Konser

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran konser musik dalam berbagai perhelatan di industri MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) kini menjadi tren, apalagi target yang disasar dari event tersebut adalah Gen Z dan Milenial. Tak kurang, event seperti pameran otomotif juga melibatkan konser musik sebagai daya pikat bagi Gen Z dan Milenial untuk datang ke pameran tersebut. Tren ini ternyata bukan tanpa sebab. Survei Populix yang baru saja dirilis pada awal tahun ini terhadap 1.058 responden menunjukkan korelasi yang menarik antara industri MICE, konser musik, dan target audiens seperti Gen Z dan Milenial.

Co-Founder & COO Populix, Eileen Kamtawijoyo, menjelaskan hampir 80 persen dari Gen Z dan Milenial mengakui memiliki minat dan akan berpartisipasi dalam konser musik live. Generasi tersebut bahkan menempatkan konser musik sebagai kegiatan tertinggi kedua yang ingin dilakukan pada tahun ini, selain jalan-jalan ke mall. Sebagian dari mereka bahkan ingin berpartisipasi pada lebih dari tiga konser sepanjang tahun ini.

“Hasil survei kami menunjukkan bahwa minat masyarakat lebih tinggi untuk menonton konser, apalagi bila yang menjadi bintang utama adalah musisi Indonesia. Hal ini memberikan peluang bagi para promotor event atau penyelenggara MICE untuk memasukkan unsur konser musik sebagai magnet untuk mendatangkan banyak pengunjung, terutama dari kalangan Gen Z dan Milenial,” ujar dia.

Eileen menambahkan, antusiasme masyarakat, terutama Gen Z dan milenial yang tinggi terhadap konser musik dapat menjadi lokomotif untuk menarik gerbong industri kreatif, pariwisata, dan MICE. Pasalnya, industri kreatif, pariwisata, dan MICE memiliki ruang inovatif dan kreativitas yang cukup besar karena dapat digabungkan dengan event industri lainnya, contohnya seperti pameran otomotif yang dipadukan dengan konser musik dan hiburan lainnya agar dapat menarik lebih banyak pengunjung yang berminat pada hal-hal yang berbeda-beda. Hal ini pada gilirannya dapat membawa dampak positif yang semakin besar terhadap perekonomian nasional.

Seperti diketahui, saat ini sedang berlangsung pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Bertajuk “Your Infinite Autotainment Experience,” Dyandra Promosindo sebagai promotor acara memadukan event tersebut antara pameran otomotif, konser musik IIMS Infinite Live, dan pertunjukan akrobatik otomotif IIMS Infinite Show.

Konser musik di pameran otomotif tersebut bakal diadakan pada setiap hari dari 16-25 Februari 2024, yang menampilkan musisi papan atas Indonesia, seperti Kahitna, Ari Lasso, Andre Taulany & Friends, Saykoji, Maliq & D’Essentials, Endah N Rhesa, Mahalini, Tulus, Slank, dan Dewa 19 ft. Marcello Tahitoe. Untuk pertunjukan akrobatik otomotif Infinite Show diadakan setiap hari dari tanggal 15-25 Februari 2024 dengan pertunjukan seperti Wheels of Romance, Jimmi Jumper, Van Ventures, GTA San Kemayoran, dan Wild Wheels.

Pada acara konferensi pers Dyandra Promosindo menjelang dimulainya IIMS 2024 di Jakarta (06/02), Project Manager IIMS 2024, Rudi MF, menegaskan pihaknya telah merancang IIMS 2024 untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung. Program-program unggulan dan hiburan berkualitas yang ditawarkan mencerminkan komitmen untuk menjadikan IIMS 2024 sebagai momen yang tak terlupakan dalam dunia otomotif Indonesia.

Konsep perpaduan otomotif dan musik telah dihadirkan di IIMS sejak tahun lalu, dan terbukti sukses menjadi magnet bagi pengunjung, dilihat dari peningkatan jumlah pengunjung IIMS 2023 sebanyak 468.720 pengunjung dibandingkan IIMS 2022 sebanyak 378.227 pengunjung.

Ivan Jaya, Consumer Funding & Wealth Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk menegaskan, sebagai official bank partner IIMS 2024, PT Bank Danamon Indonesia Tbk juga menghadirkan keistimewaan bagi para nasabah untuk menonton konser IIMS Infinite Live. Selain mendapatkan fasilitas area parkir eksklusif dan VIP Lounge outdoor booth MUFG, Danamon, dan Adira Finance, nasabah juga mendapatkan promo hemat hingga 100% untuk tiket masuk IIMS dan konser Infinite Live dengan menggunakan QRIS D-Bank PRO, Kartu Debit, Kredit, dan Charge Danamon.

“Kami menyadari bahwa pengunjung IIMS tidak hanya untuk para penggemar otomotif tetapi juga mereka yang mencari keseruan dan hiburan di IIMS, termasuk untuk nonton konser Infinite Live yang menghadirkan musisi-musisi terbaik Indonesia. Untuk memaksimalkan pengalaman nonton konser tersebut, kami menyediakan berbagai promo dan fasilitas menarik untuk segenap nasabah,” kata dia di Press Conference MUFG, Danamon, dan Adira Finance di Opening Day IIMS 2024, hari Kamis (15/2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper