Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUFG dan Adira Umumkan Pengambilalihan Mandala Finance, Resmi jadi Pengendali

Dalam pengumuman disebutkan pada 13 Maret 2024, MUFG dan Adira telah menyelesaikan transaksi pengambilalihan saham Mandala Finance dan resmi jadi pengendali.
Mandala Finance/mandalafinance.com
Mandala Finance/mandalafinance.com

Bisnis.com, JAKARTA - MUFG Bank, Ltd. (MUBK) dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. atau Adira Finance (ADMF) secara resmi mengumumkan penyelesaian pengambilalihan saham PT Mandala Multifinance Tbk. atau Mandala Finance (MFIN).

Dalam pengumuman yang dimuat di Harian Bisnis Indonesia pada edisi Kamis (14/3/2024) disebutkan pada 13 Maret 2024, keduanya telah menyelesaikan transaksi pengambilalihan saham.

Dengan demikian, MUFG Bank kini mengenggam 1,87 miliar saham atau sekitar 70,6% dan Adira memiliki 265 juta saham atau 10% dari seluruh saham yang dikeluarkan oleh Mandala Finance.

"MUBK dan ADMF telah menandatangani perjanjian-perjanjian jual beli bersyarat sehubungan dengan saham Mandala, di mana MUBK sepakat untuk membeli sekitar 70,6% dari seluruh saham yang dikeluarkan Mandala dan ADMF sepakat untuk membeli 10% dari seluruh saham yang dikeluarkan Mandala," tulis pengumuman tersebut.

Diketahui, transaksi pembelian saham dilakukan di harga Rp3.296,9811 per saham atau senilai total Rp7,042 triliun.

MUFG Bank dan Adira membeli saham Mandala Finance dari sejumlah pemegang saham, yaitu PT Jayamandiri Gemasejati sebanyak 1,866 miliar saham atau sebesar 70,4%, Alex Hendrawan sebanyak 134 juta saham atau 5%, dan pemegang saham minoritas sebanyak 136,03 juta saham atau 5,13%.

Kemudian, sesuai dengan Pasal 1 ayat 4 POJK 9/2018 di mana yang disebut pengendali adalah pihak yang baik langsung maupun tidak langsung memiliki saham perusahaan terbuka lebih dari 50% dari seluruh saham, maka sejak 13 Maret 2024 MUFG Bank dan Adira Finance menjadi pengendali Mandala Finance, dengan kepemilikan saham bersama sebesar 80,6%.

Adapun, tujuan dari pengambilalihan dan perubahan pengendali Mandala Finance tersebut adalah MUFG Bank dan Adira bermaksud untuk memanfaatkan kekuatan emiten multifinance dengan ticker MFIN tersebut, baik dalam produk maupun keberadaannya. "Untuk selanjutnya memperkuat dan memperluas usaha pembiayaan otomotifnya di Indonesia."

Sebelumnya, dalam menanggapi langkah akuisisi tersebut, Chief Financial Officer (CFO) Adira Finance Sylvanus Gani Mendrofa mengatakan ADMF dan Mandala Finance memiliki hubungan yang saling melengkapi dalam hal jangkauan wilayah dan jajaran produk.

“Sehingga kami mengharapkan dapat meningkatkan fondasi bisnis Adira Finance dan Mandala Finance melalui sinergi dan kolaborasi bersama,” ujarnya.

Gani menambahkan bahwa transaksi ini diharapkan dapat membantu untuk memperkuat dan memperluas ekspansi Grup MUFG di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper