Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 7 Tips Menghemat Pengeluaran Saat Hari Raya

Jiika ingin menghemat pengeluaran selama Ramadan, harus memprioritas pengeluaran yang menjadi kebutuhan.
Ilustrasi tunjangan hari raya (THR). Dok Istimewa
Ilustrasi tunjangan hari raya (THR). Dok Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Raya Idulfitri akan segera tiba, tentu banyak sekali persiapan yang dilakukan sehingga tidak sedikit pula uang yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan saat hari raya. 

Pengeluaran bisa membengkak apabila tidak mengetahui cara yang tepat untuk mengelola keuangan untuk itu wajib mengetahui cara yang tepat dalam menghemat anggaran hari raya.

Dilansir dari thenationalnews.com dan qoala.my, jika ingin menghemat pengeluaran selama bulan Ramadan harus memprioritas pengeluaran yang menjadi kebutuhan.

Simak tips menghemat pengeluaran saat Hari Raya Lebaran:

1. Membuat anggaran belanja hari raya

Upaya yang dilakukan untuk menghemat pengeluaran ketika hari raya yakni dengan membuat anggaran belanja. Banyak orang yang mengabaikan hal ini karena beberapa faktor seperti ingin memberikan hidangan terbaik saat hari raya atau ingin mempunyai tampilan yang maksimal sehingga banyak sekali pengeluaran yang tidak terduga.

Mulai sekarang cobalah untuk mempersiapkan anggaran belanja dengan mengalokasikan setidaknya 30% gaji bulanan untuk persiapan hari raya. Saat hari raya, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan yakni pemasukan dan pengeluaran. Jika gaji bersih Anda Rp5 Juta, maka hindarilah belanja melebihi anggaran yakni sebesar Rp1 Juta.

2. Membuat daftar barang 

Upaya untuk menghindari pengeluaran yang tidak terduga dan melebihi anggaran yakni dapat dilakukan dengan membuat daftar barang yang akan dibelanjakan. Membuat daftar barang yang akan dibeli dapat membantu dalam mengurangi pembelian barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Buatlah daftar barang yang perlu dibeli seperti baju hari raya, kue, dekorasi, kebutuhan rumah tangga, dan bahan-bahan masakan. Pastikan bahwa daftar belanja tidak melebih anggaran yang telah dibuat dan jangan membeli barang selain yang tertera pada daftar belanja.

3. Belanja yang cerdas dengan mencari diskon

Selama musim perayaan sebagian pusat perbelanjaan banyak yang menawarkan penjualan dengan diskon yang cukup besar mulai dari 20% hingga 50% dari harga aslinya. Nah Anda dapat memanfaatkan harga diskon yang ditawarkan untuk menghemat pengeluaran.

Namun, banyak orang yang akhirnya terlena dengan harga murah yang ditawarkan sehingga berdampak pada jumlah pengeluaran untuk itu Anda tetap harus berpatuh pada anggaran belanja yang telah dibuat sejak awal dan tidak boleh terlalu boros dalam membeli sesuatu, pastikan bahwa barang yang akan dibeli benar-benar dibutuhkan.

4. Jangan berutang

Kebutuhan hari raya yang cukup banyak mulai dari kebutuhan primer hingga sekunder dapat membuat jumlah pengeluaran meningkat dibanding pada bulan lainnya. Kondisi ini membuat sebagian orang harus meminjam uang atau berhutang demi memenuhi kebutuhannya.

Namun hal ini hanya akan membuat pengeluaran semakin bertambah akibat bunga yang harus dibayarkan untuk itu hindarilah berhutang agar pengeluaran tidak semakin membengkak.

5. Masak makanan hari raya dirumah

Salah satu pengeluaran yang tidak terduga yakni melalui makanan yang dikonsumsi, banyak orang yang mengabaikan pengeluaran makanan saat hari raya bahkan tidak sedikit yang melebihi batas anggaran belanja. 

Upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran makanan yakni dengan memasak hidangan hari raya dirumah. Memasak hidangan sendiri akan membantu mengurangi pengeluaran berlebih, tidak hanya itu makanan yang dikonsumsi juga akan jauh lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

6. Siapkan dana darurat

Banyaknya kebutuhan yang harus dibeli menjadikan seseorang mengabaikan persiapan dana darurat. Memiliki dana darurat dapat membantu dalam menghindari hutang baru atau menambah hutang yang sudah ada.

Mulai sekarang cobalah alokasikan sebagian kecil anggaran untuk dana darurat yakni sebesar Rp500.000 hingga Rp1 Juta, semakin banyak dana darurat yang tersimpan dapat membantu dalam menghadapi pengeluaran yang tidak terduga yakni seperti mobil mogok saat mudik, biaya pengobatan, atau pengeluaran yang melebihi anggaran.

7. Merencanakan perjalanan Idulfitri

Upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat budget pengeluaran yakni dengan merencanakan perjalanan mudik dari jauh-jauh hari. Mempersiapkan segala kebutuhan dari jauh-jauh hari dapat membantu Anda dalam memilih dan mendapatkan harga tiket akomodasi perjalanan yang jauh lebih murah. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper