Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Sinyal THR Dividen? Intip Agenda RUPS Maybank, CIMB, BJB, Hingga Permata

Sejumlah bank skala menengah siap menggelar RUPS jelang libur lebaran 2024. Ada sinyal dividen?
Karyawan melayani nasabah di CIMB Niaga Digital Lounge, Jakarta, Rabu (6/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan melayani nasabah di CIMB Niaga Digital Lounge, Jakarta, Rabu (6/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah bank-bank jumbo telah membayar dividen kepada pemegang sahamnya bulan lalu. Pada bulan ini menjelang lebaran, sejumlah bank akan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), di antaranya membahas tebaran dividen.

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) atau Bank BJB misalnya akan menggelar RUPST pada 2 April 2024 pukul 09.00 di Grand Ballroom Trans Hotel Bandung. Adapun, tanggal daftar pemegang saham (DPS) yang berhak hadir dalam RUPS alias recording date telah dijalankan pada 1 Maret 2024.

Terdapat enam mata acara dalam gelaran RUPST BJBR kali lini, di antaranya membahas pemanfaatan laba bersih tahun buku 2023. "Persetujuan penetapan penggunaan laba bersih perseroan termasuk pembagian dividen tahun buku 2023," tulis Manajemen BJBR di keterbukaan informasi pada beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan keputusan dividen memang menunggu RUPST. “Akan tetapi melihat secraa historical data yang ada, kita membagikan dividen 49% hingga 60% [dari laba bersih] pertahunnya,” ujarnya kepada awak media dalam Public Expose Bank BJB beberapa waktu lalu.

Adapun, secara histroris, BJBR telah membagi dividen sebesar Rp1,1 triliun bagi pemegang saham atas kinerja perusahaan pada tahun buku 2022. Nilai dividen tersebut setara dengan 49,47% dari laba bersih Bank BJB yang sebesar Rp2,24 triliun. 

Sementara, PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) akan menggelar RUPST pada hari ini, 1 April 2024 pukul 14.00 WIB di Function Room Sentral Senayan III Lantai 28 Jl. Asia Afrika No.8 Senayan Gelora Bung Karno Jakarta 10270. Adapun, recording date RUPST telah berlangsung pada 7 Maret 2024.

Terdapat sejumlah mata acara di antaranya penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023 dan perubahan susunan anggota Dewan Komisaris, Direksi dan Dewan Pengawas Syariah.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria juga telah mengatakan kebijakan dividen akan diumumkan dalam RUPST. Adapun, Maybank Indonesia menurut Taswin masih akan memberikan imbal hasil yang optimal bagi pemegang sahamnya dalam bentuk dividen.

"Masih [tebar dividen]. Sama saja, kebijakannya memang begitu," ujar Taswin.

Pada tahun lalu, Maybank Indonesia telah menetapkan pembagian dividen tahun buku 2022 sebesar Rp588,42 miliar atau sebesar 40% dari total laba bersih perseroan.

Lalu, PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) yang akan menggelar RUPST pada 3 April 2024 menjelang lebaran juga berkomitmen membagikan dividen tahun ini. 

Direktur Utama CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan kebijakan tebaran dividen tahun buku akan disetujui dalam RUPST nanti. "Namun, dalam empat tahun terakhir kita konsisten [tebar dividen]. Sebentar lagi kita umumkan," katanya setelah acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) pada bulan lalu (20/2/2024).

Pada tahun lalu, BNGA menebar dividen Rp2,87 triliun atau 60% dari laba bersih tahun buku 2022.

Kemudian, PT Bank Permata Tbk. (BNLI) akan menggelar RUPST pada 3 April 2024. Terdapat tujuh mata acara dalam gelaran RUPST Bank Permata, di antaranya persetujuan atas laporan tahunan 2023, perubahan susunan pengurus, hingga penetapan penggunaan keuntungan bersih perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

Dalam mata acara pembahasan penggunaan laba bersihnya, Bank Permata telah berkomitmen untuk memanfaatkannya menjadi tebaran dividen.

"Bank Permata senantiasa menjaga keseimbangan modal yang stabil bagi pemegang saham serta optimalisasi struktur permodalan bagi pertumbuhan di masa yang akan datang," kata Direktur Keuangan Bank Permata Rudy Basyir Ahmad dalam public expose Bank Permata pada beberapa waktu lalu (7/3/2024).

Tahun lalu, Bank Permata telah menetapkan pembagian dividen tunai sebesar Rp542,71 miliar atau 26,76% dari laba bersih tahun buku 2022.

Berikut jadwal RUPST bank sebelum lebaran April 2024:

1. Maybank Indonesia 

Maybank Indonesia akan menggelar RUPST pada 1 April 2024 pukul 14.00 WIB di Function Room Sentral Senayan III Lantai 28 Jl. Asia Afrika No.8 Senayan Gelora Bung Karno Jakarta 10270. Adapun, recording date RUPST telah berlangsung pada 7 Maret 2024.

Terdapat sejumlah mata acara di antaranya penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023 dan perubahan susunan anggota Dewan Komisaris, Direksi dan Dewan Pengawas Syariah.

Dividen Bank BJB (BJBR) hingga Maybank (BNLI)...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper