Cara Ampuh Agar Pinjaman Online Disetujui, Ini 3 Tipsnya!

Berkat kemajuan teknologi, kini hadir layanan pinjaman online atau pinjol yang bisa diakses oleh semua kalangan karena syarat yang jauh lebih simpel
Foto: Cara Ampuh Agar Pinjaman Online Disetujui, Ini 3 Tipsnya!
Foto: Cara Ampuh Agar Pinjaman Online Disetujui, Ini 3 Tipsnya!

Bisnis.com, JAKARTA - Dulu, banyak orang mengeluhkan pengajuan pinjaman perbankan yang terkesan sulit dan hanya bisa dijangkau oleh masyarakat tertentu saja. Tapi, berkat kemajuan teknologi, kini hadir layanan pinjaman online atau pinjol yang bisa diakses oleh semua kalangan karena syarat yang jauh lebih simpel dan tidak membutuhkan jaminan atau agunan.

Walaupun begitu, tetap saja ada prosedur dan syarat khusus yang harus dipenuhi dengan cermat agar pengajuan pinjaman online pasti disetujui. Jika ada satu saja ketentuan yang tidak dipenuhi oleh calon nasabah pinjaman online, besar kemungkinan pengajuan akan berujung pada penolakan.

Lantas, apa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk menjamin pengajuan pinjaman online pasti diterima? Nah, sebagai solusi bagi Anda yang membutuhkan suntikan dana cepat dari pinjaman online, simak 3 rahasianya berikut ini.

   1.Jaga Skor Kredit Terus Positif

Bagi yang pernah mengajukan pinjaman di perbankan, Anda pasti menyadari jika skor kredit positif merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh calon nasabah. Kenyataannya, hal ini juga berlaku pada pengajuan pinjaman online yang disediakan oleh financial technology atau fintech resmi dan legal di Indonesia.

Secara umum, skor kredit adalah penilaian terkait riwayat kredit maupun transaksi pinjaman yang pernah dilakukan nasabah sebelumnya. Pinjaman ini mencakup berbagai jenis kredit, seperti pembiayaan rumah, kredit kendaraan, paylater, dan sebagainya. Jika rutin membayar cicilan kredit tepat waktu, skor kredit yang Anda miliki pasti bagus.

Meskipun tidak seketat perbankan, tapi banyak layanan pinjaman online yang memudahkan pengajuan kredit yang dilakukan oleh calon nasabah dengan skor kredit terjaga. Pasalnya, skor kredit positif merupakan indikasi jika debitur bertanggung jawab dengan tanggungan finansial tersebut.

Sebaliknya, jika mempunyai skor kredit yang buruk, hal tersebut menandakan Anda kerap terlambat membayar tagihan utang atau bahkan pernah mengalami kredit macet maupun gagal bayar. Dalam kondisi ini, pihak penyedia pinjaman online akan lebih enggan untuk menyetujui pengajuan karena khawatir akan mengalami masalah yang sama.

Mengetahui hal tersebut, pastikan untuk senantiasa menjaga skor kredit agar selalu positif. Caranya dengan disiplin membayar cicilan pinjaman apa pun yang dimiliki tepat waktu dan tak pernah mengalami gagal bayar ataupun kredit macet.

   2.Perhitungkan Kebutuhan dengan Cermat

Tips lainnya, sebelum mengajukan pinjaman online, perhitungkan dulu kebutuhan dan nominal dana yang akan dipinjam. Misalnya, untuk kebutuhan renovasi rumah, buat daftar bahan bangunan yang diperlukan serta perkiraan biaya tukang.

Lalu, dari nominal yang telah dihitung tersebut, gunakan simulasi pinjaman online untuk mengetahui besaran tagihan pinjaman yang harus dibayarkan setiap bulan nantinya. Tentunya, pastikan jika besaran tagihan pinjaman tersebut sesuai kemampuan bayar dan mampu dijangkau keuangan.

Idealnya, jangan pernah mengajukan pinjaman jika beban cicilannya di atas 30 persen gaji bulanan. Sebagai contoh, dengan gaji 5 juta per bulan, pastikan beban cicilan yang Anda tanggung di bawah 1,5 juta. Jika di atas nominal tersebut, risiko gagal bayar akan menjadi lebih tinggi dan membuat pengajuan pinjaman online lebih rentan ditolak.

Di samping itu, Anda juga sebaiknya hanya mengajukan pinjaman untuk tujuan yang jelas dan produktif. Selain renovasi rumah, alasan bijak pinjaman online boleh diajukan adalah untuk urusan kesehatan, pendidikan, maupun kebutuhan mendesak lainnya. Dengan mempunyai tujuan penggunaan yang jelas tersebut, pihak layanan pinjaman online juga akan lebih mungkin mengabulkan permohonan yang Anda ajukan.

   3.Riset Dulu Ketentuan dan Syarat Pinjaman

Tak hanya menjaga skor kredit dan menghitung kebutuhan, tips rahasia lain yang membuat pengajuan pinjaman online lebih cepat diterima adalah memahami syarat dan ketentuannya. Perlu dipahami jika setiap layanan pinjaman online mempunyai persyaratan berbeda yang harus dipenuhi oleh calon nasabahnya.

Namun, secara umum, syarat pengajuan pinjaman online adalah sebagai berikut.

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi slip gaji atau bukti penghasilan
  • Fotokopi NPWP
  • Rekening perbankan

Syarat dokumen tersebut wajib dipenuhi agar pengajuan pinjaman online pasti diterima. Jika ada satu saja persyaratan yang tidak terpenuhi atau dokumen tidak dilampirkan, pengajuan pasti akan ditolak dan Anda harus melakukan prosesnya lagi dari awal.

Perlu digarisbawahi, mungkin tidak semua layanan kredit online membebankan persyaratan yang sama sehingga Anda perlu meriset dulu terkait hal ini. Dengan begitu, proses pengajuan bisa berjalan lebih lancar dan mampu memenuhi suntikan dana yang dibutuhkan dengan cepat.

Biar Aman dan Cepat, Hanya Ajukan Pinjaman Online di Layanan Resmi

Itulah 3 tips rahasia yang bisa memudahkan Anda mengajukan pinjaman uang online dan mendapatkan suntikan dana dengan cepat untuk memenuhi segala kebutuhan darurat. Terlepas dari penjelasan di atas, Anda wajib mengajukan pinjaman online di layanan yang resmi dan terdaftar OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu, risiko terjebak pinjol ilegal yang merugikan tidak sampai terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper