Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DIRUT PERTAMINA: Rini Soemarno Kantongi 7 Nama Pengganti Karen

Pemerintah telah mengantongi tujuh nama pengganti Karen Agustiawan sebagai bos PT Pertamina (Persero) yang mengundurkan diri sejak akhir September lalu.
Menteri BUMN Rini Soemarno./Antara
Menteri BUMN Rini Soemarno./Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah telah mengantongi tujuh nama pengganti Karen Agustiawan sebagai bos PT Pertamina (Persero) yang mengundurkan diri sejak akhir September lalu.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno menegaskan ketujuh calon direktur utama Pertamina itu berasal dari internal dan eksternal perseroan.

"Calonnya ada tujuh orang baik dari internal maupun eskternal [Pertamina]," ungkapnya, Rabu (12/11/2014).

Saat ini, ketujuh nama calon bos BUMN minyak dan gas itu tengah ditelaah oleh lembaga penilai. Pemerintah telah menunjuk PT Daya Dimensi Indonesia sebagai asesor untuk penilaian kualitas sumber daya manusia.

Bekas menteri perindusterian dan perdagangan era Megawati Soekarnoputri tersebut menegaskan bahwa ketujuh calon itu merupakan usulan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN.

Pihak lembaga asesor dipastikan hanya memberikan penilaian melalui tahap wawancara. Kemudian, setelah proses tersebut rampung, akan dilanjutkan kepada tes penilaian akhir yang dilakukan oleh Kementerian BUMN.

Sebagian dari ketujuh calon itu telah selesai melalui tahap penilaian di PT DDI, dan diserahkan kepada Kementerian BUMN. Dia memastikan, dalam waktu dekat proses pemilihan bos Pertamina akan segera selesai.

Belum usainya pengangkatan Dirut Pertamina oleh pemerintah membuat masa jabatan Pelaksana Tugas Dirut Pertamina Muhammad Husen diperpanjang hingga akhir November 2014. Husen ditunjuk sebagai Plt. Dirut Pertamina sejak 1 Oktober 2014 menggantikan Karen Agustiawan yang mundur.

Rini tidak menampik  Rinaldi Firmansyah, mantan Dirut PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. menjadi salah satu kandidat pengganti Karen. Menteri BUMN itu telah memberikan syarat utama calon bos BUMN migas tersebut adalah kemampuan leadership.

Nama-nama lain selain Rinaldi yang menguat sebagai calon dirut Pertamina a.l Dirut PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Budi Gunadi Sadikin, Direktur Bank Mandiri Sunarso, mantan Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini, mantan Dirut PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Fahmi Muhtar, dan Dirut PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dwi Sucipto.

Adapun dari internal perusahaan a.l Plt. Dirut Pertamina Muhamad Husen, Direktur Pemasaran dan Niaga Hanung Budya, Mantan Presiden Direktur Pertamina EP Samsu Alam, Presiden Direktur Pertamina Biotermal Energi Roni Gunawan, dan mantan Presiden Direktur Pertagas Gunung Sarjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper