Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIPS MUDIK: Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadi

Agar mudik menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil, aman dan terasa nyaman, Garda Oto, PT Asuransi Astra Buana membagikan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik jarak jauh.
Arus kendaraan padat merayap di ruas jalan tol Cikampek, Jakarta, Jumat (23/6) dini hari./JIBI-Dwi Prasetya
Arus kendaraan padat merayap di ruas jalan tol Cikampek, Jakarta, Jumat (23/6) dini hari./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA—Agar mudik menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil, aman dan terasa nyaman, Garda Oto, PT Asuransi Astra Buana membagikan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik jarak jauh.

Berdasarkan rilis yang diterima Bisnis, Jumat (23/6/2017), kondisi pengemudi maupun kendaraan yang prima menjadi salah satu kunci yang membuat mudik terasa nyaman.

Communication & Event PT Asuransi Astra Buana L.Iwan Pranoto mengatakan sebelum memulai perjalanan jarak jauh, hendaknya pengemudi memastikan dirinya sudah cukup istirahat dan tidak dalam keadaan sakit.

“Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat konsentrasi pengemudi saat mengemudi di jalan raya,” ujar Iwan dalam keterangan tertulisnya.

Kemudian, lanjut Iwan, perlu diusahakan untuk menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi terlalu banyak untuk menghindari munculnya rasa kantuk. Sebaliknya perlu memperbanyak konsumsi buah-buahan. Menurutnya selain mengandung vitamin, kandungan air dalam buah juga dapat menyegarkan tubuh.

Selain itu, untuk menjaga kebugaran selama mengemudi, dapat dilakukan olahraga ringan atau menepi untuk beristirahat sejenak secara berkala setidaknya 3 jam sekali.

Dari sisi kendaraan, hal yang perlu diperhatikan adalah melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan sebelum digunakan untuk perjalanan jauh, yakni mulai dari oli mesin, air radiator dan air reservoir, filter dan selang bensin, putaran kipas pendingin, timing belt, penyaring udara, aki, ban, rem, lampu, hingga wiper kaca. Iwan menyarankan pemudik untuk jangan ragu membawa mobilnya ke bengkel dan menyerahkan pengecekan jika pengemudi kurang memahami cara memeriksa kondisi mobilnya.

“Masing-masing pemudik pasti ingin segera sampai tujuan, maka dari itu jangan sampai lupa memperhatikan keselamatan sesama pengguna jalan dengan selalu memperhatikan dan menaati rambu-rambu lalu lintas hingga mengatur kecepatan kendaraan. Dengan begitu, Anda juga telah berkontribusi untuk menciptakan peace of mind di jalan raya,”kata Iwan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper