Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Utang jangka menengah SMF dapat peringkat AA

JAKARTA: PT Fitch Ratings Indonesia menetapkan peringkat surat utang jangka menengah PT Multigriya Finansial (SMF) senilai Rp200 miliar yang baru diterbitkan akhir bulan lalu pada level AA.
Mardianah Noerdjali
Mardianah Noerdjali - Bisnis.com 14 Januari 2011  |  09:22 WIB

JAKARTA: PT Fitch Ratings Indonesia menetapkan peringkat surat utang jangka menengah PT Multigriya Finansial (SMF) senilai Rp200 miliar yang baru diterbitkan akhir bulan lalu pada level AA.

Dalam rilis hari ini Fitch mengatakan aksi pemeringkatan final itu dilakukan setelah dokumen penerbitan efek utang perusahaan dilengkapi. Peringkat itu juga sama seperti peringkat ekspektasi pada saat perseroan menyatakan ingin menerbitkan utang jangka menengah (MTN). Dalam penerbitan itu, SMF menetapkan kupon sebesar MTN 8,5% untuk MTN yang tenornya selama setahun tersebut. Dana penerbitan itu akan digunakan perusahaan untuk menggantikan dana yang telah dipinjamkan ke penyalur KPR (kredit pemilikan rumah). Pada akhir tahun lalu, SMF baru memberikan pinjaman untuk penyaluran KPR kepada unit syariah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) senilai Rp200 miliar. Perseroan saat ini masih dalam proses penerbitan obligasi senilai Rp500 miliar hingga 800 miliar, setelah pada bulan lalu menerbitkan efek beragun aset (EBA) bersama dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Danareksa Investment Management, dan PT Bank Mandiri Tbk senilai Rp750 miliar. Porsi pemerintah pemegang saham di SMF merupakan mutlak 100%, yang kegiatan operasional dan pengawasannya dilakukan melalui Kementerian Keuangan. (esu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top