Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA USAHA: Pendapatan bunga meroket, Laba BTN Rp1,1 triliun

JAKARTA: PT Bank Tabungan Negara Tbk meraih laba bersih Rp1,1 triliun, meningkat 20,76% dibandingkan dengan periode sebelumnya yang tercatat Rp915,93 miliar.Berdasarkan laporan keuangan yang disampaikan BTN ke Bank Indonesia, peningkatan laba didominasi

JAKARTA: PT Bank Tabungan Negara Tbk meraih laba bersih Rp1,1 triliun, meningkat 20,76% dibandingkan dengan periode sebelumnya yang tercatat Rp915,93 miliar.Berdasarkan laporan keuangan yang disampaikan BTN ke Bank Indonesia, peningkatan laba didominasi oleh pendapatan bunga sebesar Rp7,67 triliun, meningkat dari sebelumnya yang sebesar Rp6,62 triliun.Hal tersebut didorong oleh ekspansi kredit bank pelat merah ini yang tumbuh  21,85% menjadi Rp59,34 triliun dari sebelumnya Rp48,7 triliun. Namun, ekspansi kredit itu masih di bawah industri perbankan yang meningkat 24,5% sepanjang 2011.Sementara itu, beban bunga meningkat dari Rp3,29 triliun menjadi Rp4 triliun, yang dipengaruhi peningkatkan DPK sebesar 29,38% menjadi Rp58,65 triliun dari sebelumnya Rp45,33 triliun.Selain itu, perseroan juga memiliki kewajiban surat berharga dengan janji dibeli kembali (repo) sebesar Rp4,43 triliun, emisi surat utang sebesar Rp5,44 triliun dan pinjaman Rp4,44 triliun.Bank yang fokus pada bisnis Kredit Pemilikan Rumah ini mencatatkan kenaikan aset menjadi Rp89,25 triliun dari sebelumnya Rp68,38 triliun.Iqbal Latanto, Direktur Utama BTN mengatakan laba perseroan lebih banyak disumbang oleh bunga dibandingkan dengan pendapatan berbasis komisi. “Fee based income kami belum besar pada tahun lalu. Tahun ini rencananya akan kami tingkatkan,” ujarnya, Jumat 17 Februari 2012. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper