Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI RATE: Suku bunga acuan bertahan 5,75% hingga Juni 2012

JAKARTA: Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada hari ini memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI Rate tetap 5,75%. Keputusan itu membuat bunga acuan bertahan pada level yang sama dalam 3 bulan berturut-turut.Dewan gubernur menilai

JAKARTA: Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada hari ini memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI Rate tetap 5,75%. Keputusan itu membuat bunga acuan bertahan pada level yang sama dalam 3 bulan berturut-turut.Dewan gubernur menilai tingkat BI Rate tersebut masih konsisten dengan tekanan inflasi dari sisi fundamental ke depan yang diperkirakan masih relatif terkendali.“BI akan melanjutkan penguatan operasi moneter dan kebijakan makroprudensial, dengan tetap menjaga konsistensi kebijakan suku bunga dengan prakiraan makroekonomi ke depan,” tulis peryataan Dewan Gubernur BI seperti dibacakan Asisten Direktur Grup Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Edhie Haryanto, hari ini.Dewan Gubernur berpandangan bahwa perekonomian global masih diliputi oleh ketidakpastian yang tinggi. Meskipun perekonomian AS mulai mengindikasikan perbaikan, pemulihan ekonomi di kawasan Eropa masih terkendala oleh penyelesaian krisis yang sedang berlangsung sementara terdapat indikasi perlambatan ekonomi di China dan India.Perlambatan pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan berdampak pada penurunan lebih lanjut kinerja ekspor negara-negara emerging markets, termasuk Indonesia.Sementara itu, tekanan inflasi global masih relatif rendah sehingga negara-negara maju masih melanjutkan kebijakan akomodatif meskipun dengan ruang gerak yang semakin terbatas. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Saeno
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper