Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ZETI AKHTAR: Bank syariah hanya bisa maju jika didukung pemerintah

redaktur suitmedia
redaktur suitmedia - Bisnis.com 19 Desember 2012  |  11:49 WIB
JAKARTA-Bank Negara Malaysia menegaskan perbankan syariah membutuhkan dukungan yang kuat dari pemerintah untuk bisa berkembang sebesar bank-bank konvensional.
 
Gubernur Bank Negara Malaysia (BNM) Zeti Akhtar Aziz mengungkapkan perbankan syariah di Malaysia juga memerlukan waktu yang cukup lama sebelum bisa sekuat saat ini. 
 
"Prosesnya sangat lama, sudah berlangsung sejak masa PM Mahathir. Tidak sedikit orang yang mempertanyakan dan menantang sistem ini, bahkan di dalam BNM sendiri," tuturnya di sela-sela The IDB Regional Lecture Series on Islamic Economics, Finance and Banking, yang diselenggarakan di kompleks Bank Indonesia, Rabu (19/12).
 
Zeti menuturkan tiap institusi pemerintah yang memiliki kaitan dengan syariah, termasuk di level tertinggi, ikut dalam berbagai pembahasan yang berlangsung sehingga lama kelamaan terjadi kesepahaman dan dukungan yang dibutuhkan. Dia meyakini Indonesia memunyai potensi untuk bisa lebih berhasil dibanding Malaysia karena demand dari masyarakatnya sudah ada dan sebenarnya cukup tinggi.
 
Menjawab pertanyaan apa faktor yang membuat perbankan syariah di Malaysia berkembang cukup baik, Zeti menyebutkan Malaysia memiliki konsil syariah tersendiri yang anggotanya berasal dari berbagai negara, tidak hanya dari dalam negeri. Selain itu, setiap lembaga keuangan harus memunyai komite syariah, yang anggotanya mesti mendapat persetujuan BNM dan di-review secara berkala.
 
"Kami memastikan semuanya sesuai dengan prinsip syariah. Syariah memang butuh support, karena kalau tidak mereka sulit tumbuh dengan optimal," tegasnya.
 
Zeti mengungkapkan ada satu lembaga keuangan yang beralih dari konvensional ke syariah. Sedangkan, bank-bank lainnya membuka anak usaha syariah sendiri. (faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top