Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SOLO--Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo mengumumkan  terhitung 3 Januari 2013, Bank Indonesia telah mencabut izin usaha PT BPR Sukowati Jaya yang berlokasi di Jalan Setiabudi No. 31B Sragen, Jawa Tengah

"Ya untuk Pencabutan izin usaha itu dilakukan setelah melalui rangkaian panjang, yang diikuti dengan penetapan status dalam pengawasan khusus," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Solo Doni P. Joewono didampingi Direktur Klaim dan Resolusi Bank Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Nurcahyo, di Kantor Perwakilan BI Solo, Jawa Tengah, kepada wartawan Rabu (23/1).

Doni menjelaskan  berbagai upaya pembinaan dan penyelamatan, sebenarnya, telah dilakukan oleh BI  dengan berkoordinasi Lembaga Penjamin Simpanan untuk memperbaiki kinerja bank tersebut. Namun demikian, upaya itu ternyata tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

"Saat status dalam pengawasan khusus ternyata BPR Sukowati Jaya tidak bisa memperbaiki kinerja dan penambahan modal,"  paparnya.

Menurutnya, laporan yang disampaikan  manajemen BPR Sukowati Jaya menunjukkan bahwa rasio kewajiban penyediaan modal minimum atau Capital Adequacy Rasio minus 34,49%, dan ditambah lagi kesulitan bank untuk memenuhi kewajiban dana pihak ketiga.

"Ya akibatnya berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Bank Indonesia No. 15/3/KEP.GBI/2013/Rahasia tanggal 23 Januari 2013, PT BPR Sukowati Jaya yang beralamat di Jl. Setiabudi No.31-B, Sragen dicabut izin usahanya sebagai bank,"  tandas Doni (Antara/if)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper