Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Akan Dipaksa Ikut Program Jamsostek

BISNIS.COM, JAKARTA--PT Jamsostek menandatangani kerja sama dengan Kejaksaaan Negeri Jakarta Selatan untuk penegakan hukum dalam penyelenggaraan jaminan sosial tenaga kerja. Menurut Kakanwil III PT Jamsostek Nuraina, kerja sama ini dimaksudkan juga agar

BISNIS.COM, JAKARTA--PT Jamsostek menandatangani kerja sama dengan Kejaksaaan Negeri Jakarta Selatan untuk penegakan hukum dalam penyelenggaraan jaminan sosial tenaga kerja.

Menurut Kakanwil III PT Jamsostek Nuraina, kerja sama ini dimaksudkan juga agar perusahaan yang belum mengikuti program jaminan sosial secepatnya mendaftarkan perusahaan dan pekerjanya.

"Hingga kini kami masih menemukan perusahaan yang menunggak iuran atau mendaftar sebagian tenaga kerja dan iuran sebagian upah untuk jamsostek," ujarnya, Senin (4/3).

Dia berharap dengan adanya kerja sama ini akan memberikan penyadaran bagi perusahaan tersebut untuk memenuhi hak normatif pekerja yang diatur dalam peraturan perundangan dan Konvensi ILO (International Labour Organization).

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Masyudi menuturkan pihaknya sebagai penyelenggara negara berkewajiban menjaga program BUMN dan BUMD terlaksana, terlebih lagi berkaitan dengan pelayanan publik.

Terkait dengan PT Jamsostek, lanjutnya, Kejaksaan ingin memastikan para pekerja/buruh terlindungi dari risiko kerja, seperti kecelakaan, kematian dan kompensasi hari tua.

Masyudi menambahkan tidak ada pengenaan biaya kepada PT Jamsostek untuk implementasi dari pelaksanaan nota kesepahaman ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : R Fitriana
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper