Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELINDO II Tahun Ini Dirikan 13 Anak Usaha Baru

BISNIS.COM, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atau IPC akan mendirikan lima anak usaha bidang jasa kepelabuhan pada awal tahun ini dari target hingga akhir tahun sebanyak 13 anak perusahaan.Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino mengatakan

BISNIS.COM, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atau IPC akan mendirikan lima anak usaha bidang jasa kepelabuhan pada awal tahun ini dari target hingga akhir tahun sebanyak 13 anak perusahaan.

Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino mengatakan pada tahun ini saja pihaknya akan memiliki tambahan 13 anak usaha, dimana lima diantaranya akan berdiri awal tahun dan sisanya delapan hingga akhir tahun. Namun dari delapan itu, lima diantaranya merupakan cucu perusahaan, yakni anak dari anak perusahaan yang akan didirikan.

"Dengan demikian, pada tahun ini saja kami akan mendirikan delapan anak usaha dan lima cucu usaha. Sehingga hingga akhir 2013, kami akan memiliki 18 anak usaha dan lima cucu usaha, atau kalau ditotal 23 unit," kata Lino, Minggu (31/3/2013).

Lino menjelaskan lima anak usaha yang akan didirikan pada awal tahun ini yakni PT Pusat Studi Maritim dan Logistik Indonesia, PT IPC Terminal Petikemas, PT Jasa Armada Indonesia, PT Terminal Petikemas Indonesia, dan PT Pelabuhan Tanjung Priok.

"Pertimbangan kami mendirikan anak usaha pendukung kegiatan usaha ini adalah agar kami lebih fokus dan lebih kuat dalam mengoperasikan pelabuhan, serta mampu memberikan solusi kepelabuhan yang tepat sasaran, sebagai sinergi dari perusahaan kami yang sudah berubah nama menjadi Indonesian port Corporation (IPC)," tutur Lino.

Menurutnya, anak-anak usaha ini akan fokus pada bisnis inti yakni untuk bulk, kontainer, logistik. Juga untuk mendukung bisnis dibidang dreging, training, ICT, dan lainnya.

"Nantinya, melalui anak usaha ini, bukan hanya direksi dari IPC yang mempunyai gaji ratusan juta, tetapi direksi anak perusahaan juga. Nantinya direksi akan mendapatkan gaji bisa sampai di atas Rp100 juta," ujar Lino.

Menurut Lino, gaji tinggi ini diberikan kepada anggota direksi anak usaha agar mereka bekerja keras dan terus mencari modal sendiri tanpa bergantung pada induk perusahaan.

Hingga kini, Pelindo II memiliki 10 anak usaha, dimana lima diantaranya baru didirikan pada 2012 yakni PT Integrasi Logistik Cipta Solusi, Kendaraan Terminal, Peralatan Pelabuhan Indonesia, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia, dan PT Energi Pelabuhan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper