Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA SNS REAAL: Terpukul Akibat Krisis Properti

BISNIS.COM, AMSTERDAM--SNS Reaal, grup perusahaan perbankan dan asuransi yang dinasionalisasi oleh pemerintah Belanda,mengumumkan kerugian besar pada 2012 dan kuartal I/2013 akibat terpukul oleh kerugian dari lini bisnis properti. Kerugian diperkirakan

BISNIS.COM, AMSTERDAM--SNS Reaal, grup perusahaan perbankan dan asuransi yang dinasionalisasi oleh pemerintah Belanda,mengumumkan kerugian besar pada 2012 dan kuartal I/2013 akibat terpukul oleh kerugian dari lini bisnis properti. Kerugian diperkirakan akan berlanjut hingga akhir tahun ini.

Total kerugian pada kuartal I/2013 mencapai 1,62 miliar Euro (sekitar US$2,12 miliar) akibat resesi yang melanda Belanda dan melumpuhkan bisnis properti.

Pemerintah Belanda telah mengucurkan dana bail-out kepada grup usaha ini sebesar US$14 miliar yang diberikan pada 2008 dan Februari 2013 untuk mencegah bangkrut dan berpotensi merugikan sistem perekonomian negara itu. Meski demikian, pemerintah tidak menutup kemungkinan jika suatu saat SNS Reaal diprivatisasi.

"Keputusan untuk mengucurkan dana bail out dan menasionalisasi SNS Reaal menandai berakhirnya masa turbulensi ekonomi," ujar Gerard van Olphen, chief executive officer, sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (6/6/2013).

Gerard menambahkan melemahnya pasar real estate di Belanda mengakibatkan naiknya rasio kredit macet menjadi 34% dibandingkan 19% periode yang sama tahun sebelumnya. Krisis juga berakibat menurunkan nilai properti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper