Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Awasi Manajemen Risiko Konglomerasi Bisnis Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memasukkan aspek manajerial pengelolaan bisnis dalam cakupan pengawasan terintegrasi terhadap konglomerasi bisnis di sektor jasa keuangan.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memasukkan aspek manajerial pengelolaan bisnis dalam cakupan pengawasan terintegrasi terhadap konglomerasi bisnis di sektor jasa keuangan.

Agus E. Siregar, Kepala Departemen Pengawasan Bank III OJK, mengatakan manajemen risiko yang diterapkan di perusahaan induk harus diadaptasi oleh anak-anak perusahaannya untuk memastikan seluruh kelompok perusahaan tersebut menetapkan standar yang sama sehingga kualitas yang dimiliki pun sama.

Dengan demikian, diharapkan resiliensi konglomerasi akan terjaga ketika menghadapi krisis.

Hal lain yang juga dinilai dalam pengawasan konglomerasi, menurutnya, adalah terkait penerapan GCG.

Setiap entitas bisnis yang tergabung dalam kelompok bisnis finansial diwajibkan menerapkan prinsip pengelolaan perusahaan yang baik sebagaimana diatur dalam berbagai aturan di masing-masing industri.

“Kelompok bisnis ini harus dipandang sebagai sebuah organisasi besar. Tidak boleh ada perbedaan kualitas di antara induk dan anak-anak perusahaannya,” katanya, Senin (14/4/2014).

Selain kedua hal tersebut, aspek yang dinilai dalam pengawasan konglomerasi adalah kecukupan permodalan.

OJK akan mengatur kecukupan permodalan masing-masing entitas bisnis dalam satu kelompok konglomerasi sekaligus menentukan rasio permodalan yang harus dipenuhi oleh kelompok tersebut secara keseluruhan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper