Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK: Pangsa Pasar Bank Syariah Ditargetkan Tembus 6,25%

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan market share industri bank syariah dapat menembus 5,25%-6,25% pada tahun ini seiring pertumbuhan bisnis bank dan peluang bisnis dari pengelolaan dana haji.
Farodlilah Muqoddam
Farodlilah Muqoddam - Bisnis.com 23 April 2014  |  21:45 WIB
Pada Juni 2014, sebanyak 17 bank syariah akan menerima limpahan dana haji senilai sekitar Rp16 triliun yang sebelumnya dikelola oleh bank konvensional.  - bisnis.com
Pada Juni 2014, sebanyak 17 bank syariah akan menerima limpahan dana haji senilai sekitar Rp16 triliun yang sebelumnya dikelola oleh bank konvensional. - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan market share industri bank syariah dapat menembus 5,25%-6,25% pada tahun ini seiring pertumbuhan bisnis bank dan peluang bisnis dari pengelolaan dana haji.

Ahmad Buchori, Direktur Pengaturan, Pengembangan, Perizinan, dan Pengawasan Perbankan Syariah OJK, mengakui market share bank syariah hingga akhir tahun lalu masih belum mencapai 5% dari total industri perbankan.

Hal tersebut terjadi karena pertumbuhan aset bank syariah melambat, meskipun masih lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan aset di industri perbankan konvensional.

“Tahun ini ada peluang bisnis dari dana haji, mudah-mudahan bisa tembus 5,25% atau bahkan optimisnya bisa sampai 6,25%,” ujarnya, Rabu (24/4/2014).

Pada Juni 2014, sebanyak 17 bank syariah akan menerima limpahan dana haji senilai sekitar Rp16 triliun yang sebelumnya dikelola oleh bank konvensional. Sebagian dana berbentuk Rupiah, sementara lainnya berdenominasi Dolar AS.

Ketujuh belas bank tersebut terdiri atas enam bank umum syariah yakni Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, Bank BNI Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Panin Syariah, Bank BRI Syariah, serta 11 unit usaha syariah yang meliputi unit usaha syariah Bank Permata, Bank BTN,  Bank CIMB Niaga, Bank DKI, Bank Nagari, Bank Jateng, Bank Jatim, Bank Kepri, Bank Sumsel Babel, Bank Aceh, dan Bank Sumut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top