Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelindo III Targetkan Penyaluran PKBL Rp20 Miliar

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menargetkan dapat menyalurkan dana lewat program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) sebesar Rp20 miliar sepanjang 2014.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 28 April 2014  |  12:54 WIB

Bisnis.com, MALANG—PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menargetkan dapat menyalurkan dana lewat program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) sebesar Rp20 miliar sepanjang 2014.

Direktur Keuangan PT Pelindo III Wahyu Suparyono mengatakan sampai dengan kuartal I/2014 tersebut telah disalurkan Rp5 miliar di 7 provinsi se-wilayah kerja perusahaan tersebut.

“Total dana PKBL yang telah kami salurkan sampai saat ini mencapai Rp60 miliar,” kata Wahyu Suparyono di sela-sela Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Kerja Sama PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak dengan Pusat Kajian Pengembangan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya di Malang, Senin (28/4/2014).

Dari total dana yang telah disalurkan tersebut, sebagian besar berjalan baik. Namun angka non performing loan (NPL) harus diwaspadai karena sudah mencapai 15%.

Pinjaman yang berpotensi macet tersebut, tetap berusaha ditagih dengan terus melakukan pembinaan ke usaha mikro kecil menengah (UMKM) mitra perusahaan tersebut.

Dengan pembinaan tersebut, maka akan dapat diketahui apa yang sebenarnya yang problem UMKM mitra PT Pelindo III.

Dia berharap, NPL dana kemitraan tersebut dapat terus berkurang sehingga mencapai batas ideal 5%. “Kalau tidak tunggakan sama sekali, kelihatannya tidak mungkin,” ujarnya.

Menurut Wahyu, NPL sebesar itu ada juga yang disebabkan karena faktor alam, seperti bencana. Untuk dana pinjaman yang macet karena faktor tersebut, maka pihaknya meminta Kementerian Keuangan agar dapat menghapuskannya.

Karena itulah, nantinya dipilah mana pinjaman yang macet karena faktor alam, bencana, atau faktor lain. Dari pemilahan tersebut bias diketahui berapa yang berpotensi dihapuskan.

General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Toto Heli Yanto mengatakan dana PKBL yang disalurkan kantor cabang tersebut tahun ini targetkan mencapai Rp5 miliar, sedangkan untuk tahap pertama disalurkan Rp950 juta.

Dana sebesar itu disalurkan kepada 27 mitra binaan dari UMKM du Jawa Timur, yakni Surabaya (11 mitra binaan), Sidoarjo (6 mitra binaan), Pasuruan (1 mitra binaan), Bangkalan (1 mitra binaan), Sumenep (1 mitra binaan), Trenggalek (3 mitra binaan), dan Ngawi (1 mitra binaan).

“Saya tekankan di sini, dana tersebut bukan hibah, tapi pinjaman lunak. Kalau macet, maka kasihan UMKM lainnya karena tidak dapat bagian karena dana tersebut bersifat pinjaman bergulir,” kata Wahyu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top