Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEGADAIAN MANADO: Melambat, Outstanding Loan Hanya 80,3% Dari Target

PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah V Manado mencatatkan perlambatan penyaluran pembiayaan (outstanding loan) sepanjang semester I/2014 akibat dari pengaruh kondisi makroekonomi yang memengaruhi daya beli masyarakat.

Bisnis.comMANADO — PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah V Manado mencatatkan perlambatan penyaluran pembiayaan (outstanding loan) sepanjang semester I/2014 akibat dari pengaruh kondisi makroekonomi yang memengaruhi daya beli masyarakat.

Pimpinan Wilayah Pegadaian Manado Marshall Aritonang menuturkan outstanding loan perusahaan pembiayaan pelat merah itu hanya Rp2,02 triliun selama 6 bulan pertama tahun ini atau 80,3% dari target Rp2,5 triliun.

Menurutnya, perlambatan itu disebabkan terutama oleh harga emas yang berada di bawah ekspektasi awal perseroan.

“Saat pembuatan RKAP [rencana kerja dan anggaran perusahaan] tahun lalu, harga emas berada di kisaran Rp500.000 per gram, tetapi sekarang di bawah itu,” katanya kepada Bisnis, Kamis (7/8/2014).

Kondisi tersebut, ungkap Marshall, berimbas pada kinerja perusahaan yang tidak terlalu cemerlang. Dari segi omzet, Pegadaian Manado hanya meraup Rp3,48 triliun pada semester I/2014 atau 39,02% dari target hingga akhir tahun sebesar Rp8,92 triliun.

Sementara itu, laba bersih Pegadaian Manado tercatat Rp100,65 miliar sepanjang 6 bulan pertama tahun ini atau 36,27% dari target hingga akhir tahun Rp277,48 miliar. “Lazimnya memang, pada semester I harus bisa 50% dari target. Akan tetapi, kondisinya ya apa boleh buat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper