Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BASEL III: OJK Prioritaskan Bank Berstandar Internasional

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad mengungkapkan penerapan Basel III akan diprioritas pada bank yang berstandar internasional.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 26 September 2014  |  19:40 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad mengungkapkan penerapan Basel III akan diprioritas pada bank yang berstandar internasional.

"OJK akan mempelajari penerapan Basel III dengan mempertimbangkan aturan-aturan karakteristik industri perbankan," ungkapnya, Jumat (26/9/2014).

Muliaman menegaskan penerapan prudential framework yang lebih risk sensitive sangat diperlukan, akan tetapi prinsip-prinsip Basel yang dikeluarkan harus sederhana sehingga mudah dipahami; efektif namun tidak terlalu kompleks sehingga mudah diimplementasikan.

Untuk menerapkan Basel III, lanjutnya, tidak memicu hal-hal yang rumit, sehingga menyebabkan sedikit orang yang memahami bahkan sampai sulit diterapkan serta menciptakan tingginya compliance cost.

Di sisi lain, penerapan berbagai standar/inisiatif  yang diusung Basel Committee ini harus dapat diterapkan di negara berkembang yang memiliki keterbatasan infrastruktur.

Muliaman menyampaikan perlunya keseimbangan antara risk sensitivity, simplicity dan implementability tanpa mengurangi kemampuan untuk memantau risiko.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ojk basel iii
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top