Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Sedaya Finance Bakal Terbitkan Obligasi Rp2,5 Triliun

PT Astra Sedaya Finance (ASF) berencana untuk menerbitkan obligasi berkelanjutan II tahap IV yang ditaksir mencapai Rp2,5 triliun dalam waktu dekat.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Sedaya Finance (ASF) berencana untuk menerbitkan obligasi berkelanjutan II tahap IV yang ditaksir mencapai Rp2,5 triliun dalam waktu dekat.

Presiden Direktur Astra Sedaya Finance Jodjana Jody mengungkapkan pihaknya tengah merampungkan rencana tersebut sehingga penerbitan obligasi itu dapat dilakukan pada Oktober tahun ini.

“Semula kami merencanakan untuk menerbitkan obligasi senilai Rp1,5 triliun, tapi karena peminatnya banyak maka kami menaikkannya menjadi sekitar Rp2,5 triliun,” kata Jodjana di Jakarta, tak lama ini.

Tanpa menyebutkan nilai kupon yang ditawarkan dan underwriter-nya, Jodjana menambahkan obligasi tersebut memiliki tenor masing-masing 1 tahun dan 3 tahun.

Menurutnya, ASF telah mengajukan ijin ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menerbitkan obligasi keseluruhan sebesar Rp10 triliun sampai Mei tahun mendatang. Hingga saat ini, realisasi penerbitan obligasi mencapai Rp5,45 triliun, sehingga masih tersisa Rp4,55 triliun.

Penerbitan obligasi merupakan opsi yang cukup menggiurkan mengingat tingginya minat masyarakat dan dunia usaha. Meskipun begitu, sumber pendanaan utama ASF masih didominasi pinjaman dari bank, sedangkan obligasi masih berkontribusi sekitar 36% dari total sumber pendanaan.

Meskipun begitu, dirinya juga tidak menutup peluang untuk menjajaki sumber pendanaan lainnya, misalnya medium term note (MTN), dan global bond.

Sementara itu, anak usaha PT Astra International Tbk. ini menargetkan pembiayaan hingga Rp26 triliun pada tahun ini. Jika dirinci, kebutuhan pembiayaan berkisar Rp1,8 triliun-Rp2,2 triliun tiap bulannya dengan rata-rata 200.000 unit kendaraan.

 

   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper