Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cathay Caplok Saham Bank Mayapada

Korporasi asuransi Taiwan, Cathay Life Insurance Co Ltd, menyetujui pembelian 40% saham PT Bank Mayapada International Tbk senilai US$278 juta atau Rp3,47 triliun sebagai bagian dari ekspansi usaha.

Bisnis.com, JAKARTA—Korporasi asuransi Taiwan, Cathay Life Insurance Co Ltd, menyetujui pembelian 40% saham PT Bank Mayapada International Tbk senilai US$278 juta atau Rp3,47 triliun sebagai bagian dari ekspansi usaha.

Bloomberg menyebut aksi korporasi dari anak usaha Cathay Financial Holding Co Ltd itu menjadi kesepakatan ketiga yang dibuat dalam enam bulan terakhir. Bank Mayapada saat ini dimiliki taipan Indonesia, Tahir.

“Aksi korporasi ini akan memberikan Cathay Financial sebentuk platform untuk membangun bisnis asuransi dan manajemen aset di Asia Tenggara,” papar Senior Executive Vice President Cathay Financial Daniel C.Y Teng seperti dikutip Bloomberg, Senin (5/1).

Sejumlah alasan yang membuat investor asing tertarik dengan perusahaan jasa keuangan di Indonesia antara lain pertumbuhan ekonomi yang melaju kencang serta masih berkembangnya bisnis perbankan dan asuransi di Indonesia.

Perjanjian ini telah disetujui oleh pemegang saham mayoritas dari kedua belah pihak. Kendati demikian, proses selanjutnya masih membutuhkan restu dari regulator di Taiwan maupun Indonesia.

Dalam proses perjanjian itu, Credit Suisse menjadi penasihat Cathay Financial serta Morgan Stanley menjadi penasihat Bank Mayapada. Sebagai gambaran, Cathay adalah salah satu korporasi finansial terbesar di Taiwan.

Korporasi itu telah menghabiskan sekitar US$918 juta untuk aksi korporasi lintas-benua dalam enam bulan terakhir, termasuk pembelian Bank Mayapada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper