Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK: Bunga Deposito Masih Sulit Turun

Otoritas Jasa Keungan (OJK) memperkirakan tren penurunan bunga deposito akan sulit berlanjut di paruh kedua tahun ini.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 24 Juli 2015  |  05:30 WIB
OJK: Bunga Deposito Masih Sulit Turun
Rupiah - JIBI/Rachman
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keungan (OJK) memperkirakan tren penurunan bunga deposito akan sulit berlanjut di paruh kedua tahun ini.
 
Nelson Tampubolon, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai pertumbuhan kredit di semester kedua akan lebih tinggi sehingga kebutuhan dana untuk menopang ekspansi kredit akan meningkat.
 
Alhasil, tingkat bunga deposito menurut Nelson akan cenderung stabil. "Kemungkinan di semester 2, bunga deposito sulit turun lagi kalau BI rate tidak turun," ujarnya kepada bisnis.com, Kamis (23/7/2015).
 
Nelson menekankan, peningkatan ekspansi kredit perlu diimbangi dengan peningkatan penghimpunan DPK.
Dia menyebut, tanpa diimbangi dengan peningkatna DPK, peningkatan ekspansi kredit akan membuat persaingan likuiditas kembali sengit. Alhasil, bunga deposito bisa kembali terkerek.
 
Per Mei 2015, bunga deposito perbankan rata-rata turun 33 basis poin (bps) dibandingkan dengan Desember 2014. Bunga deposito tenor satu bulan turun 73 bps menjadi 7,85%, disusul tenor tiga bulan sebesar 44 bps menjadi 8,5%.
 
Nelson mengatakan, penurunan bunga deposito tersebut disebabkan oleh pertumbuhan DPK yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan kredit. Per Mei 2015 pertumbuhan kredit mencapai 10,3% (year on year) menjadi Rp3.792,8 triliun. Pertumbuhan ini lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan tahunan pada Desember 2014 sebesar 11,4%.
 
Di sisi lain, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) per Mei 2015 mencapai 13,1% menjadi Rp4.135,3 triliun, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan tahunan pada Desember 2014 sebesar 12%.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suku bunga deposito
Editor : Bastanul Siregar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top